Penelitian Kekuatan Las Berbahan Ferro Carbon (Fe-C) Dengan Proses SMAW

SULISTYO, ANWAR (2012) Penelitian Kekuatan Las Berbahan Ferro Carbon (Fe-C) Dengan Proses SMAW. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (335kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (162kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (877kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (996kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (677kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (167kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui unsur kandungan bahan ferro carbon (Fe–C) dengan uji komposisi kimia, mengetahui struktur mikro yang ada pada spesimen hasil las proses SMAW, mengetahui nilai kekerasan pada bahan ferro carbon (Fe–C) dan untuk mengetahui apakah kekuatan las bahan ferro carbon (Fe–C) proses SMAW mempunyai nilai yang sama, lebih rendah atau lebih tinggi dari kekuatan raw material dengan uji sifat mekanis yang dilakukan dengan uji tarik, uji impak dan uji bending. Dalam penelitian ini untuk mengetahui kandungan unsur kimia berbahan ferro carbon (Fe–C) dilakukan uji komposisi kimia dengan alat spectrometer machine, untuk mengetahui struktur mikro berbahan ferro carbon (Fe–C) hasil las proses SMAW dengan alat Olympus Metallurgical Microscope, untuk mengetahui kekerasan spesimen berbahan ferro carbon (Fe–C) hasil las proses SMAW dengan alat Micro Vickers Hardness, untuk mengetahui tegangan tarik dengan mesin uji tarik, untuk mengetahui harga impak dengan alat Impact Charpy Machine, untuk mengetahui tegangan bending dengan mesin uji bending. Bahan penelitian berupa bahan ferro carbon (Fe–C), Elektroda E NiFe–C1, nitrit acid (HNO3), ampelas, autosol. Hasil dari uji komposisi kimia diketahui bahwa kandungan unsur-unsur kimia yang terdapat dalam bahan ferro carbon (Fe–C) adalah unsur-unsur kimia dari klasifikasi bahan besi cor kelabu. Hasil dari Pengujian struktur mikro spesimen material las didapatkan hasil struktur mikro yang ada adalah grafit, ferit, perlit, dan sementit. Hasil uji kekerasan didapatkan nilai kekerasan rata–rata daerah logam induk sebesar 224.23 VHN, logam las 246.93 VHN, dan daerah HAZ sebesar 306.06 VHN. Hasil dari uji tarik harga tegangan rata–rata raw material sebesar 27.6 Kg/mm2 sedangkan spesimen material las sebesar 23.86 Kg/mm2 . Hasil dari uji impak harga impak rata–rata spesimen raw material sebesar 0.0127 J/mm2, sedangkan spesimen hasil las sebesar 0.0337 J/mm2 . Hasil dari uji bending harga rata–rata tegangan bending raw material sebesar 29.83 Kg/mm², sedangkan spesimen hasil las sebesar 28.66 Kg/mm².

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak D200/2012-15
Uncontrolled Keywords: ferro carbon (Fe-C), bahan, alat, uji komposisi kimia, uji struktur mikro, uji kekerasan, uji tarik, uji impak, uji bending.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 06 Mar 2012 06:03
Last Modified: 27 Jun 2012 10:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17220

Actions (login required)

View Item View Item