Upaya meningkatkan hasil belajar matematika dengan menggunakan pendekatan REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) dengan materi bangun ruang pada siswa kelas IV SD Negeri Begalon 1 tahun 2011/2012

WAHYUNI, NUR DIAN (2012) Upaya meningkatkan hasil belajar matematika dengan menggunakan pendekatan REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) dengan materi bangun ruang pada siswa kelas IV SD Negeri Begalon 1 tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Publikasi)
01.SURAT_PUBLIKASI.pdf

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (134kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03.BAB_I.pdf

Download (44kB)
[img] PDF (Bab II)
04.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] PDF (Bab III)
05.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Bab IV)
06.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (911kB)
[img] PDF (Bab V)
07.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustka)
08.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Lampiran)
09.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui pendekatan REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) pada siswa kelas IV SD Negeri Begalon 1 surakarta. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Begalon 1 yang berjumlah 45 siswa. Teknik pengumpulan data digunakan teknik observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data interaktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas IV SD Negeri Begalon 1 Tahun Pelajaran 2011/2012. Hal ini terbukti pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan nilai rata-rata siswa 55,44 dengan persentase ketuntasan sebesar 28,89% %, siklus I nilai rata-rata kelas 66,78 dengan persentase ketuntasan sebesar 53,33%, siklus II nilai rata-rata kelas 72,11 dengan presentase ketuntasan sebesar 77,78%. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Negeri Begalon 1 Surakarta tahun pelajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendekatan REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME), hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 05 Mar 2012 11:15
Last Modified: 05 Mar 2012 11:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17208

Actions (login required)

View Item View Item