WIBOWO, WAHYU SETYO (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) PADA KELAS V SD N 1 TEMPURSARI TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Pernyataan)
01._Surat_Pernyataan_Publikasi_Karya_Ilmiah.pdf Download (56kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf Download (200kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._Bab_I.pdf Download (121kB) |
|
PDF (Bab II)
04._Bab_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) |
||
PDF (Bab III)
05._Bab_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (145kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._Bab_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (319kB) |
||
PDF (Bab V)
07._Bab_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (47kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf Download (36kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Permasalahan yang terjadi di SD N 1 Tempursari yaitu rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan Problem Based Learning (PBL) pada kelas V SD N 1 Tempursari tahun pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD N 1 Tempursari yang berjumlah 23 siswa, yang terdiri dari 10 laki-laki dan dan 13 perempuan. Subjek pemberi tindakan adalah peneliti sebagai guru. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumen, dan tes. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik tiangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah bersifat deskriptif kualitatif yang dianalisis melalui 3 alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data awal berdasarkan nilai ulangan semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012, didapat nilai 60 sesuai KKM adalah 4 siswa dari 23 siswa atau 17%, sedangkan yang belum tuntas sebanyak 19 siswa atau 83%. Hasil penelitian siklus I terjadi peningkatan dari 17% menjadi 52% ( ada peningkatan hasil belajar sebesar 35 % ). Pada siklus II hasil belajar yang dicapai sebesar 78% ( ada peningkatan hasil belajar sebesar 26% dari siklus I). Berdasarkan kriteria yang ditetapkan 75 % maka penelitian ini dikatakan berhasil. Kesimpulan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learnig (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar matematika, PBL (Problem Based Learning) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 05 Mar 2012 11:09 |
Last Modified: | 05 Mar 2012 11:16 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17207 |
Actions (login required)
View Item |