LISNAWATI, IKE (2012) Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Metode Value Clarification Technique (VCT) Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas V SDN Karang Waru 2 Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Pernyataan)
01._SURAT_PERNYATAAN_PUBLIKASI.pdf Download (11kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (280kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (20kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (43kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui metode Value Clarification Technique (VCT) kelas V SDN Karang Waru 2 tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah guru dan siswa Kelas V SDN Karang Waru 2 yang berjumlah 18 siswa. Metode pengumpulan data digunakan melalui metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan aktivitas belajar pada pembelajaran PKn yang dapat dilihat dari peningkatan indikatorindikator yang mencakup: 1) Aktivitas siswa dalam memperhatikan penjelasan guru sebelum tindakan sebesar 55,56%, siklus I 66,67%, siklus II 77,78%. 2) Aktivitas siswa dalam bertanya, mengemukakan pendapat atau menjawab pertanyaan meningkat sebelum tindakan 38,89%, siklus I 44,44%, siklus II 83,33%. 3) Aktivitas siswa dalam semangat atau antusias dalam belajar sebelum tindakan 61,11%, siklus I 66,67%, siklus II 88,89%. 4) Aktivitas siswa tidak mengobrol atau mengganggu teman saat belajar sebelum tindakan 50%, siklus I 55,56%, siklus II 77,78%. 5) Aktivitas siswa dalam membantuteman saat kegiatan belajar sebelum tindakan 44,44%, siklus I 72,22%, siklus II 83,33%. 6) Aktivitas siswa dalam aktif dan tanggung jawab terhadap tugas kelompok sebelum tindakan 61,11%, siklus I 61,11%, siklus II 88,89%. 7). Hasil belajar siswa yaitu tercapainya nilai siswa ≥ 67 meliputi: data evaluasi hasil belajar siswa pada materi “Organisasi” sebelum tindakan 38,89%, siklus I 61,11%, siklus II 83,33%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa melalui metode Value Clarification Technique (VCT) dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dapat meningkatkan aktivitas belajar pada siswa kelas V SDN Karang Waru 2 tahun pelajaran 2011/ 2012.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aktivitas belajar, metode Value Clarification Technique (VCT) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 05 Mar 2012 11:02 |
Last Modified: | 05 Mar 2012 11:02 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17204 |
Actions (login required)
View Item |