NIANDANI, ARTISSIMA PRIMA (2012) Peningkatan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan materi dampak globalisasi melalui metode pembelajaran make a match bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 03 Kalongan Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan Tahun pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Pernyataan)
01._SURAT_PERNYATAAN_PUBLIKASI.pdf Download (9kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN_SKIPSI.pdf Download (315kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (26kB) |
|
PDF (Bab II)
04.BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_IIIpdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (170kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (878kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan materi dampak globalisasi melalui metode pembelajaran make a match bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 03 Kalongan Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan monitoring, serta refleksi. Sebagai subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 03 Kalongan Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan tahun pelajaran 2011/2012, sejumlah 13 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Sedangkan validitas data menggunakan trianggulasi sumber yaitu mencocokkan data hasil belajar siswa dengan hasil pengamatan langsung terhadap aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar pada pra siklus nilai rata-rata kelas 62,69, siswa yang mencapai KKM 4 (30,76%). Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas 67,5, siswa yang mencapai KKM 6 (46,15%), dan pada siklus II meningkat nilai rata-rata kelas yang diperoleh menjadi 77,88, siswa yang mencapai KKM 11 (84,61%). Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa melalui metode pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan materi dampak globalisasi bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 03 Kalongan Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar PKn, metode pembelajaran make a match |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 05 Mar 2012 10:55 |
Last Modified: | 05 Mar 2012 10:57 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17200 |
Actions (login required)
View Item |