Muflihah, Titik Snain (2007) Pemikiran Prof. DR. Zakiah Daradjat tentang Peran Pendidikan Agama Dalam Pembinaan Mental. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
a)_Cover.pdf Download (162kB) |
|
|
PDF (Bab I)
b)_Bab_I.pdf Download (149kB) |
|
PDF (Bab II)
c)_Bab_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (108kB) |
||
PDF (Bab III)
d)_Bab_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (281kB) |
||
PDF (Bab IV)
e)_Bab_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) |
||
PDF (Bab V)
f)_Bab_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
g)_Daftar_pustaka.pdf Download (31kB) |
Abstract
Tujuan pokok yang terutama dari pendidikan Islam ialah mendidik budi pekerti dan pendidikan jiwa. Semua mata pelajaran haruslah mengandung pelajaran-pelajaran akhlak. Setiap guru harus memperhatikan akhlak, karena akhlak keagamaan adalah akhlak yang tinggi, sedang akhlak yang mulia itu adalah tiang dari pendidikan Islam. Pendidikan dan kesehatan jiwa mempunyai hubungan yang erat. Penddikan yang tidak menuju arah menciptakan kesehatan jiwa dianggap sebagai suatu perbuatan yang sia-sia. Para pendidik harus senantiasa memikirkan kesehatan moral, tingkah laku dan sikap yang harus ditumbuhkan dan dibina pada anak didik. Pembinaan kepribadian dan moral harus disertakan dalam pendidikan. Zakiah Daradjat adalah salah satu tokoh perempuan multidimensial. Dia adalah seorang ahli ilmu jiwa agama dan juga seorang pendidik. Bahasan tentang peranan pendidikan agama dalam pembinaan mental menguraikan tentang apa yang dimaksud dengan nmental, syarat-syarat dalam pembinaan mental dan pentingnya pendidikan agama. Berangkat dari latar belakang masalah yang penulis uraikan di atas, maka masalah dalam skripsi ini dapat dirumuskan sebagai berikut: bagaimana cirri atau kreteria mental yang baik? Bagaimana pemikiran Zakiah Daradjat tentang peran pendidikan agama dalam pembinaan mental? Mengapa Zakiah Daradjat memiliki pemikiran seperti itu? Adapun tujuan dalam penelitian ini diantaranya: a) Untuk mengetahui bagaimanakah cirri atau kreteria mental yang baik, b) Untuk mengetahui dan memahami pemikiran Zakiah Daradjat tentang peran pendidikan agama dalam pembinaan mental, c) Untuk mengetahui mengapa Zakiah Daradjat memiliki pemikiran seperti itu. Sedangkan manfaat yang dapat diambil dari penelitian ini adalah semakin memperkaya khazanah pemikiran Keislaman, dapat menjadi stimulus bagi penelitian selanjutnya, bermanfaat bagi masyarakat umum, sehingga mampu menumbuhkan kepedulian terhadap pendidikan pada umumnya dan pendidikan agama dalam pembinaan mental pada khususnya. Pembahasan akan pemikiran Zakiah Daradjat, penulis menggunakan metode dokumentasi dan analisis data dengan analisis isi atau content analysis. Yaitu suatu teknik penelitian untuk membantu inferensi-inferensi yang dapat ditiru dan shahih serta dengan memperhatikan konteksnya. Inti dari pemikiran Zakiah Daradjat adalah pentingnya pendidikan agama dalam pembinaan mental. Pendidikan agama yang ditanamkan secara sungguh sungguh dalam keluarga, sekolah dan masyarakat akan memberikan kekuatan jiwa hingga dapat menjadi terapi dalam membina tiap-tiap individu agar kembali memiliki mental yang sehat.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendidkan agama, pendidikan mental |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 05 Mar 2012 07:47 |
Last Modified: | 05 Mar 2012 07:47 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17176 |
Actions (login required)
View Item |