Penerapan Metode Kuis Tim Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 02 Kwadungan Kecamatan Kerjo Tahun Pelajaran 2010/2011

KUSTIYAWATI , KUSTIYAWATI (2012) Penerapan Metode Kuis Tim Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 02 Kwadungan Kecamatan Kerjo Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (42kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA melalui penerapan metode Kuis Tim pada siswa kelas V SDN 02 Kwadungan. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK), melalui model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V di SD Negeri 02 Kwadungan Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pembelajaran siklus I ke siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari 12 siswa menjadi 15 siswa, sedangkan pada siklus II ke siklus III dari 15 siswa menjadi 18 siswa. Jadi dari hasil pembelajaran masing-masing siklus diketahui bahwa sebanyak 20 siswa pada siklus I, sebanyak 12 siswa (60%) tuntas dan masih 8 siswa ( 40 %) belum tuntas, siklus II mengalami peningkatan dari 20 siswa sebanyak 15 siswa atau 75% tuntas dan masih 5 siswa atau 25% belum tuntas, sedangkan pada siklus III dari 20 siswa sebanyak18 siswa tuntas dan masih 2 siswa atau 10 % belum tuntas. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa” Penerapan metode Kuis Tim dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri 02 Kwadungan Tahun 2010/2011”.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode kuis tim, hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2012 10:58
Last Modified: 02 Mar 2012 10:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17160

Actions (login required)

View Item View Item