RHOHMAWATI, IKA YUNIANA (2012) Upaya Meningkatkan Keaktifan dalam Proses Pembelajaran Materi Proklamasi Kemerdekaan dan Konstitusi Pertama Melalui Strategi Small Group Discussion pada Siswa KElas VIIIE SMP Negeri 5 Karanganyar Kabupaten KAranganyar Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (796kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I_ika.pdf Download (93kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (179kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (298kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (95kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dalam proses pembelajaran PKn, materi Proklamasi Kemerdekaan dan Konstitusi Pertama melalui strategi Small Group Discussion Bervariasi pada siswa kelas VII E SMP Negeri 5 Karanganyar Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2011/2012. Subjek penelitian ini adalah guru kelas, kepala sekolah, dan siswa kelas VII E SMP Negeri 5 Karanganyar Kabupaten Karanganyar yang berjumlah 32 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui narasumber. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan penerapan strategi Small Group Discussion Bervariasi. Indikator kinerja dalam penelitian ini diharapkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn pada siswa kelas VII E SMP Negeri 5 Karanganyar Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2011/2012 dapat meningkat minimal 75% dari jumlah keseluruhan 32 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keaktifan dalam proses pembelajaran PKn materi Proklamasi Kemerdekaan dan Konstitusi Pertama pada siswa kelas VII E SMP Negeri 5 Karanganyar Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2011/2012 sesuai indikator yang telah ditetapkan sebelum diadakan penelitian tindakan kelas adalah 6 siswa (18,75%). Setelah dilakukan tindakan pada siklus I yaitu dengan menerapkan strategi Small Group Discussion Bervariasi dalam proses pembelajaran PKn, keaktifan siswa meningkat menjadi 15 siswa (46,87%). Setelah dilakukan tindakan yang direvisi yaitu dengan pemberian motivasi-motivasi dan reward pada siklus II, keaktifan siswa dapat meningkat menjadi 27 siswa
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Rak A220/2012-12 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Small Group Discussion Bervariasi, Keaktifan, 2 Siklus. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 02 Mar 2012 05:58 |
Last Modified: | 18 Jun 2012 08:15 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17144 |
Actions (login required)
View Item |