RETNOWATI, ANITA (2012) Upaya Meningkatkan Keaktifan Melalui Strategi Team Quiz Dikolaborasikan dengan Strategi Small Group Discussion dalam Proses Pembelajaran PKn Pada Siswa Kelas VII G SMP Negeri 5 Karanganyar Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02.HALAMAN_DEPAN.pdf Download (255kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (53kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II_.pdf Restricted to Repository staff only Download (110kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III_.pdf Restricted to Repository staff only Download (113kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV_.pdf Restricted to Repository staff only Download (284kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V_.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (64kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dalam proses pembelajaran PKn pada siswa kelas VII G SMP Negeri 5 Karanganyar Kabupaten Karanganyar melalui strategi Team Quiz dikolaborasikan dengan strategi Small Group Discussion. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas VII G SMP Negeri 5 Karanganyar Kabupaten Karanganyar yang berjumlah 32 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informen atau nara sumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktifitas pembelajaran dan dokumen atau arsip. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi dan metode wawancara. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan dalam proses pembelajaran PKn di kelas VII G SMP Negeri 5 Karanganyar Kabupaten Karanganyar Tahun 2011/2012, yaitu dari siswa yang aktif sesuai dengan indikator keaktifan sebanyak 8 siswa (25%). Setelah dilakukan tindakan yang disepakati yaitu melalui penerapan strategi Team Quiz dalam proses pembelajaran PKn diperoleh hasil yaitu pada siklus I meningkat menjadi 19 siswa (59,37%). Setelah dilakukan tindakan yang direvisi pada siklus II yaitu melalui penerapan strategi Team Quiz dikolaborasikan dengan strategi Small Group Discussion meningkat menjadi 26 siswa (81,25%). Hasil penelitian ini sudah memenuhi indikator kinerja yaitu 75%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Rak A220/2012-02 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Team Quiz dikolaborasikan dengan strategi Small Group Discussion, Keaktifan, Siklus. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 02 Mar 2012 05:30 |
Last Modified: | 18 Jun 2012 08:19 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17141 |
Actions (login required)
View Item |