SARI , NIA KUSUMA (2012) Prestasi Belajar Akuntansi Ditinjau Dari Strategi Pembelajaran Dan Perhatian Orang Tua (Pada Siswa Kelas Xi Ilmu Sosial Sma Batik I Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
02._HALAMAN_DEPAN..pdf Download (226kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_1.pdf Download (67kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (171kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (288kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (220kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (33kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh 1) Strategi pembelajaran terhadap prestasi belajar akuntansi. 2) Perhatian orang tua terhadap prestasi belajar akuntansi. 3)Strategi pembelajaran dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar akuntansi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Batik 1 Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Ilmu Sosial SMA Batik 1 Surakarta yang berjumlah 167 siswa. Sampel diambil sebanyak 110 orang siswa dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Ada pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI Ilmu Sosial SMA Batik 1 Surakarta tahun pelajaran 2011/2012. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,950 > 1,982 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Ada pengaruh yang signifikan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI Ilmu Sosial SMA Batik 1 Surakarta tahun pelajaran 2011/2012. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,527 > 1,982 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Ada pengaruh secara bersama-sama yang signifikan strategi pembelajaran dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI Ilmu Sosial SMA Batik 1 Surakarta tahun pelajaran 2011/2012. Berdasarkan hasil uji keberartian regresi linear ganda (uji F) diketahui bahwa H0 ditolak, karena Fhitung > Ftabel, yaitu 32,344 > 3,081 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel strategi pembelajaran memberikan sumbangan relatif sebesar 17,1% dan sumbangan efektif 20,6%. Variabel perhatian orang tua memberikan sumbangan relatif sebesar 48,8% dan sumbangan efektif 51,2%. Dengan membandingkan nilai sumbangan relatif dan efektif nampak bahwa variabel perhatian orang tua memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar akuntansi dibandingkan variabel strategi pembelajaran.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Rak A210/2012-17 |
Uncontrolled Keywords: | strategi pembelajaran, perhatian orang tua dan prestasi belajar akuntansi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 01 Mar 2012 10:28 |
Last Modified: | 18 Jun 2012 05:44 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17135 |
Actions (login required)
View Item |