Pengaruh Pemberian Kredit Terhadap Peningkatan Pendapatan Pedagang Kecil Koperasi Simpan Pinjam Putri Manunggal Kecamatan Pulokarto di Kabuapten Sukoharjo

QUAMILA, FADISA (2012) Pengaruh Pemberian Kredit Terhadap Peningkatan Pendapatan Pedagang Kecil Koperasi Simpan Pinjam Putri Manunggal Kecamatan Pulokarto di Kabuapten Sukoharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (911kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (64kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)

Abstract

Para pedagang kecil salah satu bagian dari masyarakat yang golongan ekonomi lemah yang perlu mendapat uluran tangan dari pemerintah untuk meningkatkan taraf hidupnya. Sering kali, kesulitan yang pedagang kecil hadapi adalah keterbatasan masalah modal, karena dalam mengembangkan usahanya mereka sering mengalami kebangkrutan atau kekurangan modal. Sebagian besar dari pedagang tersebut berusaha untuk mengatasi permasalahan permodalan dengan mencari pinjaman kepada para lintah darat atau rentenir. Peran koperasi sendiri sangat membantu pedagang kecil guna memperoleh kredit dengan bunga yang relatif rendah. Pemberian kredit ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan. Seperti yang dituangkan dalam asas koperasi yakni mensejahterakan anggotanya, koperasi wajib pembantu anggota-anggotanya tersebut agar mandiri dan sukses dalam menjalani kehidupannya. Tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh kredit yang diberikan kepada pedagang kecil Koperasi Simpan Pinjam Putri Manunggal dalam usahanya meningkatkan pendapatan. Sehingga dari hasil penelitian diharapkan dapat berguna untuk koperasi dalam menentukan kebijakan-kebijakan terhadap pelayanan pemberian kredit kepada pedagang kecil Koperasi Simpan Pinjam Putri Manunggal dalam usahanya meningkatkan pendapatan dimasa yang akan datang. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat Kecamatan Polokarto yang mengambil kredit dari Koperasi Simpan Pinjam Putri Manunggal. Sedangkan sampel penelitian adalah 50 orang pedagang kecil, diambil dari populasi yang ada di Kecamatan Polokarto Sukoharjo yang mengambil kredit dari Koperasi Simpan Pinjam Putri Manunggal. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa persamaan regresi Y = 150104,50 + 0,557X. Persamaan regresi tersebut menunjukkan bahwa kredit mempunyai pengaruh positif terhadap peningkatan pendapatan dan diperoleh nilai thitung sebesar 5,143 > 2,011 sehingga Ho ditolak, artinya pemberian kredit oleh Koperasi Simpan Putri Manunggal berpengaruh signifikan terhadap peningkatan pendapatan pedagang kecil dengan besar nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0.355. Hal ini bearti bahwa peningkatan pendapatan 35,5% disebabkan oleh besar kecilnya pemberian kredit, sedangkan sisanya 64,5% disebabkan oleh faktor lain diluar penelitian.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kredit, pendapatan, koperasi, simpan pinjam
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 29 Feb 2012 10:38
Last Modified: 29 Feb 2012 10:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17116

Actions (login required)

View Item View Item