Penerapan Metode Quiz Team Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Ipa Sd Negeri Ii Tekaran Tahun Ajaran 2011/2012

Bagaskara, Binawan (2012) Penerapan Metode Quiz Team Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Ipa Sd Negeri Ii Tekaran Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (162kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui metode Quis Team. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri II Tekaran yang berjumlah 27 siswa dan subjek pelaksana tindakan adalah peneliti yang dibantu oleh guru kelas V. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan teknik tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui metode Quis Team. Hal ini dapat dilihat dari: 1) Keaktifan siswa dalam mengajukan pertanyaan siklus I sebesar 26,93% dan diakhir tindakan siklus III mencapai 81,48%, 2) Keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan Siklus I sebesar 34,61% dan diakhir tindakan siklus III mencapai 85,18%, 3) Keaktifan siswa dalam diskusi kelompok siklus I sebesar 30,76% dan diakhir tindakan siklus III mencapai 92,59%. Siswa yang tuntas belajar pada siklus I sebesar 53,84% dan diakhir tindakan siklus III mencapai 88,89%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode Quis Team dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A510/2012-02
Uncontrolled Keywords: Quis Team, keaktifan siswa, hasil belajar siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 29 Feb 2012 09:48
Last Modified: 18 Nov 2019 03:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17110

Actions (login required)

View Item View Item