Mardiyah, Rohmiyanti (2012) Implementasi Pembelajaran Berhitung Melaui Permainan Mengisi Pola Pada Kelompok B Di TK MTA Gemolong Sragen Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
02_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
03_BAB__I.pdf Download (24kB) |
|
PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (49kB) |
||
PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
||
PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
||
PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (7kB) |
|
PDF (Lampiran )
09_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1)mendeskripsikan implementasi prosedur pembelajaran berhitung melalui permainan mengisi pola. (2) mengidentifikasi masalah yang dihadapi oleh guru saat pembelajaran berhitung melalui permainan mengisi pola berlangsung. (3) menganalisis kesesuaian antara implementasi pembelajaran berhitung melalui permainan mengisi pola dengan prinsip berhitung di TK. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan diskriptif. Penelitian ini dilakukan di TK MTA Gemolong Sragen, dimana anak kelompok B merupakan subjeknya pada tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara guru kelas, peneliti dan kepala sekolah. Data di peroleh dari hasil observasi, wawancara dan catatan lapangan, dan dokumentasi, sebagai data pelengkap. Hasil penelitian tentang implementasi pembelajaran berhitung melalui permainan mengisi pola, adapun hasil penelitiannya adalah: (1) Permainan mengisi pola pada dasarnya merupakan permainan alternatif dalam mengenalkan konsep berhitung di TK, khususnya tentang bentuk pola geometri. (2) Permainan mengisi pola dengan menggunakan media yang bervariasi dapat menarik minat anak dalam belajar pola geometri dan urutan pola. (3) pembelajaran berhitung melalui permainan mengisi pola, sesuai dengan konsep dan prinsip berhitung di TK. Sehingga anak mempunyai ketrampilan dan kesiapan berhitung di tingkat selanjutnya. (4) Pembelajaran berhitung secara kelompok dapat melatih anak dalam bekerjasama antar anggota kelompok.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Rak A520/2012-12 |
Uncontrolled Keywords: | berhitung, permainan mengisi pola. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 29 Feb 2012 08:28 |
Last Modified: | 22 Jun 2012 10:53 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17106 |
Actions (login required)
View Item |