Fatmawati, Rohmah (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Make A-Match Pada Pembelajaran IPA Pada Kelas V SD Negeri 03 Buran Kecamatan Tasikmadu Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (661kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (235kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (579kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (156kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Latar belakang dari penulisan skripsi ini adalah karena rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pada siswa kelas V SD Negeri 03 Buran Kecamatan Tasikmadu Kabupaten Karanganyar tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA melalui metode make a match pada siswa kelas V SD Negeri 03 Buran tahun ajaran 2011/2012. Subyek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 03 Buran yang berjumlah 33 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakaan kelas yang berkolaborasi dengan guru kelas V. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan dua siklus, setiap siklus dilaksanakan dengan dua kali pertemuan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA melalui metode make a match. Hasil belajar IPA sebelum pelaksanaan tindakan diperoleh 13 siswa mencapai KKM (≥65) dengan nilai rata-rata 61,21 dan ketuntasan belajar 39,39%, pada siklus I diperoleh 23 siswa telah mencapai KKM (≥65) dengan nilai rata-rata 66,67 dan ketuntasan belajar 69,69%, dan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar yang signifikan dengan 30 siswa telah mencapai KKM (≥65) dengan nilai rata-rata 84,09 dan ketuntasan belajar 90,90%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, metode make a match |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 29 Feb 2012 09:14 |
Last Modified: | 29 Feb 2012 09:14 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17105 |
Actions (login required)
View Item |