Upaya Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Metode Pembelajaran Edutainment (Education Entertainment) Siswa kelas IV SD Negeri 2 Karangnongko Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012

Astuti, Septiana Dwi (2012) Upaya Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Metode Pembelajaran Edutainment (Education Entertainment) Siswa kelas IV SD Negeri 2 Karangnongko Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (946kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa melalui metode pembelajaran edutainment (education entertainment) siswa kelas IV SD Negeri 2 Karangnongko Boyolali tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian siswa kelas IV SD Negeri 2 Karangnongko Boyolali yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data diambil dengan menggunakan observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan test. Analisis data dari penelitian ini dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan motivasi belajar siswa yang dapat dilihat dari peningkatan indikator-indikator motivasi yang mencakup: 1) Ketekunan dalam belajar (mengerjakan latihan) sebelum tindakan sebesar 54,16%, putaran I 62,50%, putaran II 75%, dan putaran III 87,50%. 2) Usaha dalam belajar (bertanya) sebelum tindakan 25%, putaran I 41,66%, putaran II 58,33%, dan putaran III 66,66%. 3) Partisipasi aktif dalam belajar (menjawab pertanyaan) meningkat sebelum tindakan 37,50%, putaran I 54,16%, putaran II 66,66%, dan putaran III 79,16%. 4) Penyelesaian tugas tepat waktu, sebelum tindakan 45,83%, putaran I 54,16%, putaran II 70,83%, dan putaran III 83,33%. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari mengerjakan soal latihan dengan pencapaian nilai KKM, sebelum tindakan 41,66%, putaran I 58,33%, putaran II 66,66%, dan putaran III 79,16%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa melalui metode pembelajaran Edutainment dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 2 Karangnongko.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A510/2012-03
Uncontrolled Keywords: motivasi dan hasil belajar siswa, metode pembelajaran Edutainment
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 29 Feb 2012 07:48
Last Modified: 25 Jun 2012 10:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17104

Actions (login required)

View Item View Item