Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Gaya Melalui Pendekatan Eksploratory Discovery Pada Siswa Kelas IV SDN Jetiskarangpung 2 Kalijambe Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012

Kusumaningtiyas, Citra (2012) Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Gaya Melalui Pendekatan Eksploratory Discovery Pada Siswa Kelas IV SDN Jetiskarangpung 2 Kalijambe Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (88kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (53kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan pendekatan eksploratory discovery padas iswakelas IV SDN Jetiskarangpung 2 Kalijambe Sragen Tahun 2011/2012. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bersifat kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas IV yang membantu pelaksanaan penelitian. Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Jetiskarangpung 2 yang berjumlah 22 siswa dan guru kelas IV. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing masing siklus ada empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dalam pengumpulan data, metode yang digunakan adalah metode observasi, dokumentasi, wawancara, serta test. Sedangkan analisis data menggunakan model interaktif yang memiliki tiga komponen pokok yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan aktivitasnya dilakukan dalam bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data sebagai siklus. Adapun hasil penelitian ini adalah 1.Nilai rata hasil belajar IPA siswa kelas IV semester 2 pada siklus I sebesar 69, pada siklus II sebesar76sehinggaterdapatkenaikannilai rata-rata dari siklus I ke siklus II; 2. Prosentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I menunjukkan angka 63,6% (14 siswa tuntas dalam belajarnya dari 22 siswa), padasiklus II sebesar 86,3% (19 siswa tuntas dalam belajarnya dari seluruh 22siswa). Dengan demikian terdapat peningkatan ketuntasan belajar dari siklus I kesiklus II. Berdasarkan keterangan diatas maka dapat disimpulkan sebagai berikut: Penerapanpendekataneksploratory discovery dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN Jetiskarangpung 2 Kalijambe Sragen tahun pelajaran 2010/2011.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A510/2012-06
Uncontrolled Keywords: hasilbelajar, eksploratory discovery.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 29 Feb 2012 07:31
Last Modified: 25 Jun 2012 10:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17103

Actions (login required)

View Item View Item