Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Melalui Metode Image Streaming dengan Media Gambar Seri Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri II Tekaran Selogiri, Wonogiri

Hikmah, Nur (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Melalui Metode Image Streaming dengan Media Gambar Seri Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri II Tekaran Selogiri, Wonogiri. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (halaman Depan )
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (153kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia dan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan pada siswa kelas IV SD Negeri II Tekaran melalui metode Image Streaming dengan media gambar seri. Rumusan masalah yaitu Apakah penggunaan metode Image Streaming dengan media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri II Tekaran, Selogiri, Wonogiri tahun ajaran 2011/2012. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penelitian adalah guru dan siswa. Guru sebagai subyek yang melakukan tindakan, siswa kelas IV SD Negeri II Tekaran yang berjumlah 29 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Reduksi data, dispalay data (penyajian data), dan verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis karangan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan keterampilan menulis karangan siswa yang sebelumnya hanya 27,59%. Pada siklus I keterampilan menulis karangan yang dicapai menjadi 62,06% (mengalami peningkatan sebesar 34,47%). Pada siklus II keterampilan menulis karangan yang dicapai sebesar 82,75% (mengalami peningkatan sebesar 20,69%). Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode Image Streaming dengan media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Image Streaming, media gambar seri, keterampilan menulis karangan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 29 Feb 2012 06:40
Last Modified: 29 Feb 2012 06:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17100

Actions (login required)

View Item View Item