Peningkatan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Metode drill (PTK Pembelajaran Matematika Kelas X SMK Negeri 1 Banyudono, Boyolali)

Dewi, Efa Kusuma (2012) Peningkatan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Metode drill (PTK Pembelajaran Matematika Kelas X SMK Negeri 1 Banyudono, Boyolali). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
01._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (117kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
02._BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
03._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Bab III)
04._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] PDF (Bab IV)
05._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] PDF (Bab V)
06._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
07._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
08._INSTRUMEN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (945kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah agar guru matematika di SMK Negeri 1 banyudono dapat: Merencanakan pembelajaran khususnya melalui metode drill sebagai upaya peningkatan keaktifan siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penerima tindakan siswa kelas X TKJ 2 SMK Negeri 1 Banyudono yang berjumlah 36 siswa dan dan subjek pelaksanaan tindakan kelas adalah guru matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, metode tes, catatan lapangan, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitattif dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa pada pembelajaran matematika melalui metode drill. Hal ini dapat dilihat dari : 1) Keaktifan siswa dalam mengerjakan soal sebelum dilakukan tindakan sebesar 33,3% dan di akhir tindakan mencapai 52,8%, 2) Keaktifan siswa dalam keberanian bertanya sebelum tindakan sebesar 8,3% dan di akhir tindakan mencapai 25%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Drill (latihan siap)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Feb 2012 10:46
Last Modified: 28 Feb 2012 10:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17082

Actions (login required)

View Item View Item