Pradana, Frendi Prima (2012) Penerapan Strategi Pembelajaran Inquiring Minds Want to Know untuk Meningkatkan Keaktifan dan Minat Belajar Matematika. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (542kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (406kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (440kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (457kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (608kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (364kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (354kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan minat belajar Matematika dalam pembelajaran matematika melalui penerapan strategi pembelajaran Inquiring Minds want to Know. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah guru matematika kelas VIII.7 SMP Negeri 2 Rembang sebagai subyek pemberi tindakan dan siswa kelas VIII.7 yang berjumlah 26 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan tes. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilakukan dan dikembangkan selama proses refleksi sampai proses penyusunan laporan. Beberapa hal yang dapat disimpulkan dari penelitian tindakan kelas tersebut antara lain: 1) Adanya peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika, hal ini dapat dilihat dari a) keaktifan siswa dalam mengajukan pertanyaan sebelum tindakan sebesar 7,6% dan diakhir tindakan mencapai 62,5%, b) keaktifan siswa dalam mengemukakan ide atau gagasan sebelum tindakan sebesar 11,5% dan diakhir tindakan mencapai 70,8%, c) keberanian siswa mempresentasikan hasil pekerjaan di depan kelas sebelum tindakan sebesar 0% dan diakhir tindakan mencapai 33,3%. 2) Adanya peningkatan minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika, hal ini dapat dilihat dari a) kemauan siswa untuk mengerjakan tugas 38,5% dan diakhir tindakan mencapai 91,6%, b) perhatian siswa terhadap mata pelajaran matematika dan guru matematika sebelum tindakan sebesar 17,8% dan diakhir tindakan mencapai 70,8%, c) perasaan senang siswa terhadap mata pelajaran matematika ditunjukan adanya peningkatan kriteria ketuntasan minimal, sebelum tindakan sebesar 30,7% dan diakhir tindakan mencapai 87,5 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Inquiring Minds want to Know dapat meningkatkan keaktifan dan minat belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Rak A410/2012-08 |
Uncontrolled Keywords: | keaktifan, minat-belajar, Strategi-pembelajaran, matematika. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 28 Feb 2012 10:07 |
Last Modified: | 21 Jun 2012 06:38 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17078 |
Actions (login required)
View Item |