Studi Komparasi Model Problem Based Learning (PBL) Based Internet dengan Model Pictorical Riddle Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Bratan I No.71 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012

Putri, Nuraini Insani (2012) Studi Komparasi Model Problem Based Learning (PBL) Based Internet dengan Model Pictorical Riddle Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Bratan I No.71 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (346kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (145kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (244kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara model Problem Based Learning (PBL) Based Internet dan model pictorial riddle terhadap hasil belajar siswa, (2) Untuk mengetahui model pembelajaran yang lebih besar pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa antara model problem based learning (PBL) based internet dan model pictorial riddle. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri Bratan I No.71 Surakarta. Sampel yang diambil adalah siswa kelas IVA dan IVB. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dokumentasi dan wawancara. Sebelum data dianalisis dilakukan uji prasyarat yang meliputi uji normalitas data dan homogenitas sampel. Berdasarkan uji independent sample t-test diketahui adanya perbedaan pengaruh antara model problem based learning (PBL) based internet dan model pictorial riddle terhadap hasil belajar siswa, dibuktikan dengan > (1.868 > 1,668). Mean hasil belajar kedua kelas menunjukkan bahwa model pictorial riddle memberikan pengaruh yang lebih besar terhadap hasil belajar siswa dibandingkan model problem based learning(PBL) based internet.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning (PBL) Based Internet, Model Pictorial Riddle, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Feb 2012 08:27
Last Modified: 28 Feb 2012 08:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17074

Actions (login required)

View Item View Item