Mulyanto, Tri (2012) Meningkatkan Keaktifan Belajar Melalui Metode Pembelajaran Team Quiz dengan Alt Peraga Mozaik Matematika pada Siswa Kelas V SD Negeri Mantingan 2 Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (215kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (160kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (367kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (141kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (87kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui metode pembelajaran Team Quiz dengan alat peraga mozaik matematika pada siswa kelas V SD Negeri Mantingan 2. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Mantingan 2 tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 20 siswa yang teridir dari 13 putra dan 7 putri. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Dengan penerapan metode pembelajaran Team Quiz dengan alat peraga mozaik matematika pada siswa kelas V SD Negeri Mantingan 2 diketahui telah terjadi peningkatan rata-rata keaktifan belajar siswa pada akhir siklus II mencapai 80% dari kondisi awal sebesar 26,7%. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang 1) memberikan pertanyaan sebelum tindakan sebesar 20% setelah tindakan menjadi 85%, 2) menjawb pertanyaan sebelum tindakan sebesar 25% setelah tindakan menjadi 85%, dan 3) mengerjakan soal di deapn kelas sebelum tindakan sebesar 45% setelah tindakan menjadi 75%. Dengan demikian penelitian ini menyimpulkan sebagian besar siswa kelas V SD Negeri Mantingan 2 mengalami peningkatan keaktifan belajar pada pembelajaran matematika
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan Belajar Siswa, Metode Team Quiz, Alat Peraga Mozaik Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 28 Feb 2012 08:14 |
Last Modified: | 28 Feb 2012 08:14 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17072 |
Actions (login required)
View Item |