Meningkatkan Keaktifan Belajar Melalui Metode Pembelajaran Team Quiz dengan Alt Peraga Mozaik Matematika pada Siswa Kelas V SD Negeri Mantingan 2 Tahun Pelajaran 2011/2012

Mulyanto, Tri (2012) Meningkatkan Keaktifan Belajar Melalui Metode Pembelajaran Team Quiz dengan Alt Peraga Mozaik Matematika pada Siswa Kelas V SD Negeri Mantingan 2 Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (215kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (160kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui metode pembelajaran Team Quiz dengan alat peraga mozaik matematika pada siswa kelas V SD Negeri Mantingan 2. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Mantingan 2 tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 20 siswa yang teridir dari 13 putra dan 7 putri. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Dengan penerapan metode pembelajaran Team Quiz dengan alat peraga mozaik matematika pada siswa kelas V SD Negeri Mantingan 2 diketahui telah terjadi peningkatan rata-rata keaktifan belajar siswa pada akhir siklus II mencapai 80% dari kondisi awal sebesar 26,7%. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang 1) memberikan pertanyaan sebelum tindakan sebesar 20% setelah tindakan menjadi 85%, 2) menjawb pertanyaan sebelum tindakan sebesar 25% setelah tindakan menjadi 85%, dan 3) mengerjakan soal di deapn kelas sebelum tindakan sebesar 45% setelah tindakan menjadi 75%. Dengan demikian penelitian ini menyimpulkan sebagian besar siswa kelas V SD Negeri Mantingan 2 mengalami peningkatan keaktifan belajar pada pembelajaran matematika

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan Belajar Siswa, Metode Team Quiz, Alat Peraga Mozaik Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Feb 2012 08:14
Last Modified: 28 Feb 2012 08:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17072

Actions (login required)

View Item View Item