Dewantini, Ria Dhian (2012) Meningkatkan hasil belajar IPA melalui metode Team Games Tournament (TGT) pada siswa kelas V SD Negeri Jeruk 1 Kecamatan Miri Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf Download (318kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (156kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (312kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (209kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (372kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (84kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPA masih rendah, hanya 35% dari jumlah siswa yang mendapatkan nilai 70, memenuhi KKM, metode yang digunakan masih konvensional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui metode Team Games Tournament (TGT). Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah observasi aktifitas siswa dan guru, wawancara, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan tehnis analisis kualitatif, yang salah satu modelnya adalah tehnik analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, beberan (display) data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas V SD Negeri Jeruk 1 Kecamatan Miri Kabupaten Sragen. Hasil tindakan kelas ini melalui dua siklus: pada siklus I dari 28 siswa yang masuk terdapat 16 siswa (57%) yang mendapatkan nilai 70, sesuai KKM. Pada siklus II ada peningkatan hasil belajar siswa sejumlah 36% dari siklus I. Dari nilai hasil belajar 27 siswa yang masuk ada 25 siswa (93%) yang mendapat nilai 70, sesuai KKM. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi metode Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri Jeruk 1 Kecamatan Miri Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2011/2012.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | team games tournament, hasil belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 28 Feb 2012 07:56 |
Last Modified: | 28 Feb 2012 07:56 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17071 |
Actions (login required)
View Item |