Meningkatkan hasil belajar IPA melalui metode Team Games Tournament (TGT) pada siswa kelas V SD Negeri Jeruk 1 Kecamatan Miri Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2011/2012

Dewantini, Ria Dhian (2012) Meningkatkan hasil belajar IPA melalui metode Team Games Tournament (TGT) pada siswa kelas V SD Negeri Jeruk 1 Kecamatan Miri Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (318kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (156kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (84kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPA masih rendah, hanya 35% dari jumlah siswa yang mendapatkan nilai 70, memenuhi KKM, metode yang digunakan masih konvensional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui metode Team Games Tournament (TGT). Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah observasi aktifitas siswa dan guru, wawancara, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan tehnis analisis kualitatif, yang salah satu modelnya adalah tehnik analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, beberan (display) data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas V SD Negeri Jeruk 1 Kecamatan Miri Kabupaten Sragen. Hasil tindakan kelas ini melalui dua siklus: pada siklus I dari 28 siswa yang masuk terdapat 16 siswa (57%) yang mendapatkan nilai  70, sesuai KKM. Pada siklus II ada peningkatan hasil belajar siswa sejumlah 36% dari siklus I. Dari nilai hasil belajar 27 siswa yang masuk ada 25 siswa (93%) yang mendapat nilai  70, sesuai KKM. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi metode Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri Jeruk 1 Kecamatan Miri Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: team games tournament, hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Feb 2012 07:56
Last Modified: 28 Feb 2012 07:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17071

Actions (login required)

View Item View Item