MULYANI, MULYANI (2012) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Tutor Sebaya Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Jatipurwo Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (148kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (75kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (142kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (59kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (672kB) |
Abstract
Dalam pelaksanaan pembelajaran guru harus dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar yang sesuai. Metode tutor sebaya sangat tepat dalam membantu siswa memecahkan masalah. Hal tersebut, menarik untuk dikaji dalam bentuk penelitian. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas IV yang membantu pelaksanaan penelitian. Subyek penelitian dalah guru dan siswa kelas IV SDN 01 Jatipurwo yang berjumlah 17 siswa. Adapun prosedur penelitian, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian mampu menjawab rumusan masalah, mencapai tujuan penelitian dan membuktikan hipotesis penelitian, yaitu: Pendekatan tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi penjumlaha dan pengurangan pecahan melalui pendekatan tutor sebaya pada siswa kelas IV semester II SDN 01 Jatipurwo kecamatan Jatipuro tahun pelajaran 2010/2011. Dibuktikan dengan hasil analisis data rata-rata hasil belajar siswa meningkat. Dari hasil perbaikan pembelajaran pada siklus I ada 58,8 % yang tuntas belajar meningkat menjadi 70,6 % pada siklus II dan pada siklus III ketuntasan hasil belajar meningkat menjadi 94,1 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran melalui metode tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 01 Jatipurwo tahun pelajaran 2010/2011. Penerapan pendekatan tutor sebaya memberikan manfaat bagi peningkatan pemahaman siswa dalam kualitas pembelajaran, misalnya: keberanian siswa untuk bertanya dan menyampaikan pendapat meningkat, siswa terpusat pada pembelajaran, dan nilai hasil belajar siswa meningkat.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar Matematika, Pendekatan Tutor Sebaya. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 28 Feb 2012 06:37 |
Last Modified: | 28 Feb 2012 06:37 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17068 |
Actions (login required)
View Item |