KURNIAWAN, DIAS PRABOWO (2012) Pengaruh Kegiatan Ekstrakulikuler Pramuka dan Frekuensi Belajar di Rumah Terhadap Prestasi Belajar PKn Siswa Kelas V MI Al Islam Kartasura Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (232kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (237kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (630kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (631kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (631kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (276kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengkaji dan mendeskripsikan pengaruh kegiatan ekstrakurikuler pramuka terhadap prestasi belajar PKn, 2) untuk mengkaji dan mendeskripsikan pengaruh frekuensi belajar di rumah terhadap prestasi belajar PKn, 3) untuk mengkaji dan mendeskripsikan pengaruh kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dan frekuensi belajar di rumah terhadap prestasi belajar PKn. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode angket sebelumnya telah diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi ganda, uji t, uji F, R2, dan perhitungan sumbangan relatif dan efektif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier berganda sebagai berikut Y = 71,435 + 0,161 X1 + 0,062 X2, artinya prestasi belajar PKn siswa tidak dipengaruhi oleh kegiatan ekstrakurikuler pramuka dan frekuensi belajar di rumah. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa 1) Hasil perhitungan thitung untuk variabel kegiatan ekstrakurikuler Pramuka sebesar 0,878 dengan ttabel sebesar 1,999. Maka thitung < ttabel (0,878 < 1,999). Hal ini berarti kegiatan ekstrakurikuler Pramuka tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar PKn; 2) Hasil perhitungan thitung untuk variabel frekuensi belajar di rumah sebesar 0,352 dengan ttabel sebesar 1,999. Maka thitung < ttabel (0,352 < 1,999). Hal ini berarti frekuensi belajar di rumah tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar PKn; 3) Hasil perhitungan Fhitung variabel kegiatan ekstrakurikuler pramuka dan frekuensi belajar di rumah terhadap prestasi belajar di rumah sebesar 0,935 dengan Ftabel sebesar 3,15. Maka Fhitung < Ftabel (0,935 < 3,15). Hal ini berarti kegiatan ekstakurikuler Pramuka dan frekuensi belajar di rumah secara bersama-sama tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar PKn.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Rak A510/2012-10 |
Uncontrolled Keywords: | Ekstrakurikuler Pramuka, Frekuensi Belajar, Prestasi Belajar PKn |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 28 Feb 2012 05:48 |
Last Modified: | 25 Jun 2012 09:59 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17063 |
Actions (login required)
View Item |