SUSANTI , LINA (2012) Penerapan Strategi Pembelajaran Kolaborasi Index Card Match Dengan Small Group Discussion Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Dalam Proses Pembelajaran Pkn Materi Pancasila Sebagai Ideologi Dan Dasar Negara Pada Siswa Kelas Viii G Smp Negeri 19 Surakarta Tahun 201. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (396kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (102kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (174kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (178kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (335kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (83kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi Pancasila Sebagai Ideologi dan Dasar Negara pada siswa kelas VIII G SMP Negeri 19 Surakarta tahun 2011 melalui penerapan strategi pembelajaran Kolaborasi Index Card Match dengan Small Group Discussion. Keaktifan siswa sangat kurang sebelum diberikan tindakan kelas, guru sudah mengupayakan solusi pemecahannya, antara lain: menggunakan strategi pembelajaran penugasan, jigsaw, dan diskusi kelas yang diharapkan dapat meningkatkan keaktifan siswa. Hasilnya penerapan strategi pembelajaran tersebut tidak sepenuhnya berhasil meningkatkan keaktifan siswa. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran Kolaborasi Index Card Match dengan Small Group Discussion. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas VIII G SMP Negeri 19 Surakarta yang berjumlah 34 siswa, kepala sekolah, guru PKn, serta peneliti. Data penelitian ini dikumpulkan melalui narasumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktivitas pembelajaran. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Penelitian tindakan kelas ini diharapkan dengan penerapan strategi pembelajaran Kolaborasi Index Card Match dengan Small Group Discussion keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi Pancasila Sebagai Ideologi dan Dasar Negara pada siswa kelas VIII G SMP Negeri 19 Surakarta Tahun 2011 dapat meningkat minimal 75% dari 34 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan dalam proses pembelajaran PKn materi Pancasila Sebagai Ideologi dan Dasar Negara pada siswa kelas VIII G SMP Negeri 19 Surakarta Tahun 2011 yaitu dari yang aktif dalam proses pembelajaran sesuai indikator yang telah ditetapkan sebelum diadakan penelitian tindakan kelas adalah 12 siswa (30,29%). Setelah dilakukan tindakan yaitu dengan menerapkan strategi pembelajaran Kolaborasi Index Card Match dengan Small Group Discussion, pada siklus I keaktifan siswa meningkat menjadi 17 siswa (50,00%) dan pada siklus II meningkat menjadi 30 siswa (88,24%). Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka hipotesis tindakan yang menyatakan “Diduga melalui Penerapkan Strategi Pembelajaran Kolaborasi Index Card Match dengan Small Group Discussion mampu Meningkatkan Keaktifan dalam Proses Pembelajaran PKn Materi Pancasila Sebagai Ideologi dan Dasar Negara pada Siswa Kelas VIII G SMP Negeri 19 Surakarta Tahun 2011” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | A220/2012-03 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran, Index Card Match, Small Group Discussion, Keaktifan Siswa, Pancasila, Ideologi, dan Dasar Negara |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 27 Feb 2012 10:31 |
Last Modified: | 18 Jun 2012 08:23 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17053 |
Actions (login required)
View Item |