Damayanti, Luluk (2012) Penerapan Metode Conceptual Understanding Procedurs (CUPs) Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika (PTK pada Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Pulosari Kebakkramat). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (135kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (76kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (245kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (574kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (43kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (29kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (853kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan operasi hitung bilangan dalam pembelajaran matematika dan meningkatkan hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV SD Negeri 02 Pulosari Kebakkramat sebagai subjek pemberi tindakan, peneliti dan kepala sekolah sebagai subjek pembantu dalam perencanaan dan pengumpulan data penelitian, serta siswa-siswa kelas IV yang berjumlah 22 orang sebagai subjek penerima tindakan. Data penelitian ini adalah pemahaman konsep yang dapat dilihat dari keaktifan dan hasil belajar siswa selama pemberian tindakan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, catatan lapangan, interview. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep operasi hitung bilangan. Hal ini dapat dilihat dari keaktifan siswa yang meliputi 1)mengerjakan soal ke depan kelas diawal putaran mencapai 31, 82% dan di akhir putaran mencapai 68,18%, 2) memberi tanggapan dari jawaban siswa lain pada awal putaran 45, 45% dan diakhir putaran mencapai 72, 72%, 3) mengajukan ide/tanggapan pada guru di awal putaran 50% dan diakhir putaran mencapai 68, 18%,4) membuat kesimpulan pada awal putaran 31, 82% dan di akhir putaran mencapai 68, 18%, dan 5) memanfaatkan sumber belajar pada awal putaran 31, 82% dan diakhir putaran mencapai 72, 27%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan meliputi aspek: 1)kemampuan mengkonstruksikan soal pada awal putaran 45, 45% dan diakhir putaran mencapai 72, 72%, 2)ketepatan penggunaan rumus pada awal putaran 50% dan diakhir putaran mencapai 81, 82%, 3) kemampuan proses perhitungan pada awal putaran 40, 90% dan diakhir putaran mencapai 80, 82%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan metode CUPs dapat meningkatkan pemahaman konsep operasi hitung bilangan sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Rak A510/2012-28 |
Uncontrolled Keywords: | pemahaman-konsep, operasi hitung bilangan, metode CUPs. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 27 Feb 2012 10:17 |
Last Modified: | 25 Jun 2012 10:33 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17049 |
Actions (login required)
View Item |