Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Children Learning In Science dengan Media Dua Dimensi dan Tiga Dimensi pada Siswa Kelas IV SD Negeri Pajang III No. 206 Surakarta Tahun 2011/2012

Kustiarini, Kustiarini (2011) Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Children Learning In Science dengan Media Dua Dimensi dan Tiga Dimensi pada Siswa Kelas IV SD Negeri Pajang III No. 206 Surakarta Tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (525kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.I)
BAB_I.pdf

Download (107kB)
[img] PDF (Bab.II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] PDF (Bab.III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img] PDF (Bab.IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (816kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.V)
BAB_V.pdf

Download (55kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (52kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui model pembelajaran Children Learning in Science dengan media dua dimensi dan tiga demensi pada siswa kelas IV SD Negeri pajang III No. 206 Surakarta tahun 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri pajang III No. 206 Surakarta yang berjumlah 38 siswa. Metode pengumpulan data digunakan melalui metode wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini telah mampu menjawab hipotesis “bahwa pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran CLIS (Children Learning in Science) dengan media dua dimensi dan tiga dimensi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD N Pajang III No. 206 Surakarta tahun 2011/2012”. Dibuktikan dengan hasil belajar siswa yang meningkat dari keadaan sebelum tindakan adalah 47,36%, pada siklus I menjadi 73,68%, dan pada siklus II hasil belajar siswa mencapai 92,1%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran CLIS (Children Learning in Science) dengan media dua dimensi dan tiga dimensi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD N Pajang III No. 206 Surakarta tahun 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Children Learning In Science, Media Dua Dimensi dan Tiga Dimensi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 27 Feb 2012 08:43
Last Modified: 27 Feb 2012 08:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17048

Actions (login required)

View Item View Item