MURDIANTO, EKO (2012) Meningkatkan Ketrampikan Menulis Karangan Narasi MElalui Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Siswa Kelas V SD Negeri Anggaswangi, Godong, Grobogan Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02.HALAMAN_DEPAN.pdf Download (253kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03.BAB_I.pdf Download (75kB) |
|
PDF (Bab II)
04.BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (314kB) |
||
PDF (Bab III)
05.BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (210kB) |
||
PDF (Bab IV)
06.BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (466kB) |
||
PDF (Bab V)
07.BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (79kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08.DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (60kB) |
|
PDF (Lampiran)
09.LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas. Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat menggunakan beberapa strategi pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL). Kelas yang diadakan penelitian adalah kelas V yang didasari oleh hasil observasi yaitu: siswa ramai, siswa sulit memahami materi karangan narasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia, konsentrasi siswa dalam pelajaran tidak terfokus, kurang keaktifan siswa dalam pembelajaran,dan rendahnya keterampilan siswa dalam menulis karangan narasi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi melalui strategi pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) pada siswa kelas V SD Negeri Anggaswangi, Godong, Grobogan tahun pelajaran 2011/2012. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data dari penelitian ini dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari sebelum tindakan (pra siklus), siklus I sampai siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan menulis karangan narasi. Penilaian dilakukan dengan cara posttest dengan soal membuat karangan narasi. Penilaian berpedoman pada rubrik penilaian.Data yang diperoleh adalah sebagai berikut: sebelum tindakan didapat nilai rata-rata 65 dengan prosentase 24,13 siswa yang mendapat nilai 70 sebagai KKM, siklus I nilai rata-rata 69,13 dengan prosentase 51,72% siswa yang mendapat nilai 70 sebagai KKM. Siklus II nilai rata-rata 71,37 dengan prosentase 86,20% siswa yang mendapat nilai 70 sebagai KKM. . Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SD Negeri Anggaswangi tahun pelajaran 2011/2012.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL), keterampilan menulis karangan narasi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 24 Feb 2012 11:25 |
Last Modified: | 24 Feb 2012 11:25 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17043 |
Actions (login required)
View Item |