Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Kompetensi Dasar Penyesuaian Diri Makhluk Hidup Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Card Sort Pada Siswa Kelas V SDN 01 Sewurejo Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012

Mulyaningsih., Tri Hari (2011) Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Kompetensi Dasar Penyesuaian Diri Makhluk Hidup Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Card Sort Pada Siswa Kelas V SDN 01 Sewurejo Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammaadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (58kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.1)
3._BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab.II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (Bab.III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] PDF (Bab.IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] PDF (Bab.V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah: (a) untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa di SDN 01 Sewurejo Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2011/2012, (b) untuk mengetahui hasil belajar IPA kompetensi dasar Penyesuaian Diri Makhluk Hidup melalu penerapan metode pembelajaran card sort siswa kelas V di SDN 01 Sewurejo Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan evaluasi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V (lima). Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa: hasil belajar siswa pada kondisi awal ranah kognitif sebesar 59 kemudian pada siklus 1 nilai rata-rata kognitifnya sebesar 61 dan pada siklus 2 rata-rata kognitif sebesar 67. Dengan demikian dinyatakan bahwa 1). Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus 1 dengan rata-rata 61 meningkat pada siklus 2 sebesar 7% dengan rata-rata 67, 2) metode card sort dapat meningkat motivasi siswa hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian pada siklus 1 memiliki rata-rata motivasi sebesar 66,94 dan meningkat pada siklus 2 yaitu dengan rata-rata 76,53. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode card sort dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa pada kelas V (lima) Tahun Pelajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: efektivitas, card sort, prestasi belajar, motivasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 24 Feb 2012 11:10
Last Modified: 24 Feb 2012 11:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17040

Actions (login required)

View Item View Item