Peningkatan Perhatian siswa dalam mengikuti Pembelajaran Matematika Melalui Media Botol Hijau Kuning pada Siswa Kelas III SD Negeri 02 Sambirejo Jumantoro Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012

Suryati, Laili Ayik (2012) Peningkatan Perhatian siswa dalam mengikuti Pembelajaran Matematika Melalui Media Botol Hijau Kuning pada Siswa Kelas III SD Negeri 02 Sambirejo Jumantoro Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (35kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (649kB)

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan rumusan masalah yaitu : Apakah dengan penerapan media botol hijau kuning (bohiku) dapat meningkatkan perhatian siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat bagi siswa kelas 3 SD Negeri 02 Sambirejo tahun pelajaran 2011 / 2012? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan perhatian siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat bagi siswa kelas 3 SDN 02 Sambirejo tahun pelajaran 2011 / 2012 dengan menggunakan media botol hijau kuning (bohiku). Data penelitian ini untuk menginformasikan bahwa peningkatan perhatian siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika bagi siswa kelas 3 dengan penggunaan media bohiku. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi partisipasif, dan tes. Instrumen yang digunakan dalam mengadakan evaluasi penelitian yaitu : lembar observasi, daftar kelas 3 SDN 02 Sambirejo, daftar nilai. Tehnik analisis data dengan menggunakan tehnik deskriptif kualitatif yang meliputi tahap pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian siklus I menunjukkan siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebesar 33,33 %, siklus II 70,37 %, siklus III 96,29 %. Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media bohiku dapat meningkatkan perhatian siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat bagi siswa kelas 3 SD Negeri 02 Sambirejo jumantono Karanganyar tahun pelajaran 2011 / 2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: perhatian siswa media bohiku.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Feb 2012 04:41
Last Modified: 23 Feb 2012 04:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17017

Actions (login required)

View Item View Item