Suryati, Laili Ayik (2012) Peningkatan Perhatian siswa dalam mengikuti Pembelajaran Matematika Melalui Media Botol Hijau Kuning pada Siswa Kelas III SD Negeri 02 Sambirejo Jumantoro Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (35kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (31kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (64kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (79kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (8kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (649kB) |
Abstract
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan rumusan masalah yaitu : Apakah dengan penerapan media botol hijau kuning (bohiku) dapat meningkatkan perhatian siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat bagi siswa kelas 3 SD Negeri 02 Sambirejo tahun pelajaran 2011 / 2012? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan perhatian siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat bagi siswa kelas 3 SDN 02 Sambirejo tahun pelajaran 2011 / 2012 dengan menggunakan media botol hijau kuning (bohiku). Data penelitian ini untuk menginformasikan bahwa peningkatan perhatian siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika bagi siswa kelas 3 dengan penggunaan media bohiku. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi partisipasif, dan tes. Instrumen yang digunakan dalam mengadakan evaluasi penelitian yaitu : lembar observasi, daftar kelas 3 SDN 02 Sambirejo, daftar nilai. Tehnik analisis data dengan menggunakan tehnik deskriptif kualitatif yang meliputi tahap pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian siklus I menunjukkan siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebesar 33,33 %, siklus II 70,37 %, siklus III 96,29 %. Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media bohiku dapat meningkatkan perhatian siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat bagi siswa kelas 3 SD Negeri 02 Sambirejo jumantono Karanganyar tahun pelajaran 2011 / 2012.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perhatian siswa media bohiku. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 23 Feb 2012 04:41 |
Last Modified: | 23 Feb 2012 04:41 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17017 |
Actions (login required)
View Item |