Meningkatkan Hasil belajar Matematika Melalui Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education pada Siswa Kelas IV SD Negri I Gunungggajah Kec.Bayat Kab. Klaten Tahun Ajaran 2011/2012

Riyadi, Agung (2011) Meningkatkan Hasil belajar Matematika Melalui Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education pada Siswa Kelas IV SD Negri I Gunungggajah Kec.Bayat Kab. Klaten Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (212kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.I)
03._BAB_I.pdf

Download (161kB)
[img] PDF (Bab.II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img] PDF (Bab.III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] PDF (Bab.IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (554kB)
[img] PDF (Bab.V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa kelas IV SD N I Gununggajah rendah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education pada siswa kelas IV SD N I Gununggajah Kec. Bayat, Kab. Klaten. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan selama tiga siklus. Setiap siklus terdapat 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Subjek penelitian yaitu guru dan siswa kelas IV SD N I Gununggajah yang berjumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data digunakan teknik observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data interaktif. Berdasarkan penerapan pendekatan RME, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa meningkat. Hal ini terlihat dari hasil belajar matematika pada setiap siklus mengalami penigkatam. Pada siklus I dari 29 siswa yang hadir terdapat 31% yang mendapat nilai  75. Pada siklus II dari 31 siswa yang hadir terdapat 65% yang mendapat nilai  75, hal ini menyatakan ada peningkatan sebanyak 34% dari siklus I. Pada siklus III dari 31 siswa yang hadir ada 87% yang mendapat nilai  75, hal ini menyatakan bahwa ada peningkatan sebanyak 22% hasil belajar siswa meningkat dari siklus II. Hasil belajar siswa dari siklus I hingga siklus III mengalami peningkatan. Hasil belajar siswa meningkat menjadi 87% dari jumlah siswa yang masuk, di atas indikator pencapaian 75% dari jumlah siswa yang masuk.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 22 Feb 2012 09:06
Last Modified: 22 Feb 2012 09:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17009

Actions (login required)

View Item View Item