Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran PKn Tentang Menjaga Keutuhan NKRI Melalui Model VCT (Value Clarification Technique) Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kingkang I Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2011/2012

AYUNINGTYAS, SISKA (2012) Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran PKn Tentang Menjaga Keutuhan NKRI Melalui Model VCT (Value Clarification Technique) Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kingkang I Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_JDL.pdf

Download (53kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (642kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (747kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PKn dengan menggunakan model Value Clarification Technique (VCT) pada siswa kelas V SD Negeri Kingkang I Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bersifat kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas V yang membantu pelaksanaan penelitian. Sebagai subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Kingkang I yang berjumlah 23 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing- masing siklus ada empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian mampu menjawab rumusan masalah, mencapai tujuan penelitian dan membuktikan hipotesis penelitian, yaitu: “penggunaan model Value Clarification Technique (VCT) dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PKn tentang menjaga keutuhan NKRI siswa kelas V SD Negeri Kingkang I Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten tahun pelajaran 2011/2012”. Dibuktikan dengan hasil belajar PKn yang meningkat, dari hasil belajar pada Pra Siklus 39,13% yang tuntas belajar, setelah diadakan perbaikan pembelajaran pada Siklus I meningkat menjadi 69,57% dan pada siklus II ketuntasan hasil belajar meningkat menjadi 100%, KKM 70. Berdasarkan keterangan di atas maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Value Clarification Technique (VCT) dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PKn tentang menjaga keutuhan NKRI siswa kelas V SD Negeri Kingkang I Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten tahun pelajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, model Value Clarification Technique (VCT)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Feb 2012 07:34
Last Modified: 22 Feb 2012 07:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17005

Actions (login required)

View Item View Item