ANALISIS POTENSI OBYEK, KARAKTERISTIK WISATAWAN DAN POLA PERJALANAN WISATA PADA OBYEK – OBYEK WISATA ALAM DI KABUPATEN KLATEN

S R I M U L A T, S R I M U L A T (2007) ANALISIS POTENSI OBYEK, KARAKTERISTIK WISATAWAN DAN POLA PERJALANAN WISATA PADA OBYEK – OBYEK WISATA ALAM DI KABUPATEN KLATEN. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (haldepan)
hal_depannnnn.pdf

Download (23kB)
[img]
Preview
PDF (bab1)
BAB_I.pdf

Download (130kB)
[img] PDF (bab2)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (bab3)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (bab4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] PDF (bab4)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (daftarpustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (lampiran)
lampirannnnn.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)

Abstract

Judul dari penelitian ini adalah Analisis Potensi Obyek, Karakteristik Wisatawan dan Pola Perjalanan Wisata pada Obyek-obyek Wisata Alam di Kabupaten Klaten. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi obyek wisata, untuk mengetahui perbedaan kunjungan wisatawan dan faktor yang menyebabkan perbedaan kunjungan tersebut dan untuk mengetahui karakteristik wisatawan dan pola perjalanan wisatawan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Responden diambil pada 6 obyek, masing-masing obyek sebesar 50 responden, sehingga total responden adalah 300 responden dengan tehnik acsidental sampling. Teknik analisa yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif yang meliputi analisa klasifikasi dan scoring dengan menggunakan tabel frekuensi dan tabel silang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Potensi obyek wisata alam di Kabupaten Klaten dengan klasifikasi tinggi terdapat pada obyek wisata Jombor Permai dan Mata Air Ingas Cokro, klasifikasi sedang terdapat pada obyek wisata Deles Indah dan klasifikasi rendah terdapat pada obyek wisata Pemandian Lumban Tirto, Pemandian Tirto Mulyono dan Pemandian Jolo Tundo. Kunjungan wisatawan tertinggi adalah pada obyek wisata alam Jombor Permai dan Sumber Mata Air Ingas Cokro, kemudian berturut-turut pada obyek wisata Deles Indah, obyek wisata pemandian Jolo Tundo, obyek wisata Tirto Mulyono dan Pemandian Lumban Tirto. Perbedaan potensi wisata tersebut disebabkan oleh potensi obyek atau daya tarik masing-masing obyek wisata yang meliputi : keindahan alam, atraksi obyek wisata dan tingkat aksesibilitas. Wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata alam di Kabupaten Klaten didominasi oleh usia antara 15 – 24 tahun yaitu sebesar 58,67 persen. Pekerjaan wisatawan didominasi oleh para pelajar, mahasiswa dan mereka yang tidak bekerja yaitu sebesar 51,67 persen. Tingkat pendidikan didominasi oleh wisatawan yang memiliki pendidikan SLTA yaitu sebesar 45,67 persen. Tingkat pendapatan didominasi oleh wisatawan yang tidak memiliki penghasilan yaitu sebesar 51,67 persen dan asal wisatawan didominasi oleh wisatawan yang berasal dari satu kabupaten lain kecamatan yaitu sebesar 55,00 persen. Dilihat dari pola perjalanan wisatanya didominasi oleh wisatawan berkunjung secara rombangan dengan menggunakan kendaraan pribadi dan tidak menginap dengan tujuan untuk bersenang-senang dan santai, rekreasi, acara keluarga, keperluan bisnis, untuk kepentingan pendidikan dan keperluan lain-lain,.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Analisis Potensi Obyek, Karakteristik, Wisatawan , Pola Perjalanan Wisata .
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 21 Feb 2012 11:14
Last Modified: 21 Feb 2012 11:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16991

Actions (login required)

View Item View Item