Upaya meningkatakan kemampuan memahami bangun datar dan ruang dengan metode Contextual Teaching And Learning(CTL)pada Pembelajaran Matematika kelas V SDN Sekaran Wonosari,Klaten 2011/2012

Sriyanto, Sriyanto (2012) Upaya meningkatakan kemampuan memahami bangun datar dan ruang dengan metode Contextual Teaching And Learning(CTL)pada Pembelajaran Matematika kelas V SDN Sekaran Wonosari,Klaten 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (202kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (115kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (472kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (92kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (751kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode Contextual Teaching and Learning (CTL). Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Metode Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif yang meliputi analisis deskriptif komparatif dan analisis deskriptif kualitatif. Subyek Penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN Sekaran Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 18 siswa dan obyek penelitian ini adalah hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar sebelum tindakan adalah 47,22. Setelah dilakukan tindakan pembelajaran dengan menggunakan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siklus I hasil belajar meningkat menjadi 68,89 dan pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi 77,22. Secara keseluruhan dengan penggunaan metode Contextual Teaching and Leraning (CTL) mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika siswa kelas V SDN Sekaran Tahun Pelajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, matematika, metode Contextual Teaching and Laerning,CTL
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 21 Feb 2012 09:27
Last Modified: 21 Feb 2012 09:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16977

Actions (login required)

View Item View Item