Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Children Learning in Scinece (CLIS) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Ngembatpadas I Kecamatan Gemolong Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2011/2012

RINI, ERA CATUR SETYO (2012) Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Children Learning in Scinece (CLIS) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Ngembatpadas I Kecamatan Gemolong Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf

Download (167kB)
[img] PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img] PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (503kB)
[img] PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (97kB)
[img] PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan penerapan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) pada siswa kelas IV di SD Negeri Ngembatpadas 1 Kecamatan Gemolong Kabupaten Sragen tahun ajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi dengan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa, guru sebagai subjek pelaku tindakan dan subjek yang dikenai tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri Ngembatpadas 1 yang berjumlah 30 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan model analisis interaktif, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Hal ini dapat dilihat dari hasil post test yang dilakukan di akhir proses pembelajaran dan menunjukkan adanya peningkatan hasi belajar IPA siswa kelas IV. Sebelum diberikan tindakan penelitian, hasil belajar siswa yang mencapai nilai KKM (≥ 62) hanya 46,67 %, setelah dilakukan siklus I meningkat menjadi 63,33 %, dan pada siklus II meningkat menjadi 80 %. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri Ngembatpadas 1 Kecamatan Gemolong Kabupaten Sragen tahun ajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 21 Feb 2012 07:33
Last Modified: 21 Feb 2012 07:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16974

Actions (login required)

View Item View Item