RINI, ERA CATUR SETYO (2012) Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Children Learning in Scinece (CLIS) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Ngembatpadas I Kecamatan Gemolong Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf Download (167kB) |
|
PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (291kB) |
||
PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) |
||
PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (503kB) |
||
PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (97kB) |
|
PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan penerapan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) pada siswa kelas IV di SD Negeri Ngembatpadas 1 Kecamatan Gemolong Kabupaten Sragen tahun ajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi dengan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa, guru sebagai subjek pelaku tindakan dan subjek yang dikenai tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri Ngembatpadas 1 yang berjumlah 30 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan model analisis interaktif, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Hal ini dapat dilihat dari hasil post test yang dilakukan di akhir proses pembelajaran dan menunjukkan adanya peningkatan hasi belajar IPA siswa kelas IV. Sebelum diberikan tindakan penelitian, hasil belajar siswa yang mencapai nilai KKM (≥ 62) hanya 46,67 %, setelah dilakukan siklus I meningkat menjadi 63,33 %, dan pada siklus II meningkat menjadi 80 %. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri Ngembatpadas 1 Kecamatan Gemolong Kabupaten Sragen tahun ajaran 2011/2012.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 21 Feb 2012 07:33 |
Last Modified: | 21 Feb 2012 07:33 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16974 |
Actions (login required)
View Item |