Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Variasi Gaya Mengajar Guru dan Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Wedi Tahun Ajaran 2010/2011

KIRANASARI, SAPUTRI (2012) Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Variasi Gaya Mengajar Guru dan Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Wedi Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (191kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang variasi gaya mengajar guru terhadap prestasi belajar akuntansi; 2) Untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar akuntansi; 3) Untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang variasi gaya mengajar guru dan penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar akuntansi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Wedi. Sampel diambil sebanyak 65 siswa dengan teknik proportional random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 41,229+ 0,423X1 + 0,380X2. Persamaan menunjukkan bahwa hasil prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh variasi gaya mengajar guru dan penggunaan media pembelajaran. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh yang signifikan variasi gaya mengajar guru terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Wedi. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 53,739 > 1,999 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan efektif sebesar 20,746%; 2) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Wedi. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 4,185 > 1,999 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000, dengan sumbangan efektif sebesar 24,354%; 3) Ada pengaruh yang signifikan antara variasi gaya mengajar guru dan penggunaan media pembelajaran. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 25,435 > 3,145 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Dengan koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,541. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,541 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh antara variasi gaya mengajar guru dan penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 54,1%, sedangkan 45,9% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A210/2012-09
Uncontrolled Keywords: Variasi Gaya Mengajar Guru, Penggunaan Media Pembelajaran, Prestasi Belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Feb 2012 10:01
Last Modified: 18 Jun 2012 06:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16947

Actions (login required)

View Item View Item