KIRANASARI, SAPUTRI (2012) Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Variasi Gaya Mengajar Guru dan Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Wedi Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (191kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (29kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (75kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (67kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (18kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (315kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang variasi gaya mengajar guru terhadap prestasi belajar akuntansi; 2) Untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar akuntansi; 3) Untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang variasi gaya mengajar guru dan penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar akuntansi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Wedi. Sampel diambil sebanyak 65 siswa dengan teknik proportional random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 41,229+ 0,423X1 + 0,380X2. Persamaan menunjukkan bahwa hasil prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh variasi gaya mengajar guru dan penggunaan media pembelajaran. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh yang signifikan variasi gaya mengajar guru terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Wedi. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 53,739 > 1,999 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan efektif sebesar 20,746%; 2) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Wedi. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 4,185 > 1,999 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000, dengan sumbangan efektif sebesar 24,354%; 3) Ada pengaruh yang signifikan antara variasi gaya mengajar guru dan penggunaan media pembelajaran. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 25,435 > 3,145 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Dengan koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,541. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,541 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh antara variasi gaya mengajar guru dan penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 54,1%, sedangkan 45,9% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Rak A210/2012-09 |
Uncontrolled Keywords: | Variasi Gaya Mengajar Guru, Penggunaan Media Pembelajaran, Prestasi Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 20 Feb 2012 10:01 |
Last Modified: | 18 Jun 2012 06:52 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16947 |
Actions (login required)
View Item |