Evaluasi Penggunaan Antibiotik Pada Pasien Anak Demam Tifoid Di Instalasi Rawat Inap RSU Pandan Arang Kabupaten Boyolali Bulan Januari - November Tahun 2005

WARNI, TRI (2006) Evaluasi Penggunaan Antibiotik Pada Pasien Anak Demam Tifoid Di Instalasi Rawat Inap RSU Pandan Arang Kabupaten Boyolali Bulan Januari - November Tahun 2005. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (689kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (82kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Demam tifoid merupakan penyakit infeksi yang menyerang saluran cerna yang masih banyak diderita, oleh masyarakat di negara-negara yang sedang berkembang termasuk di Indonesia. Pengobatan penyakit ini menggunakan antibiotik. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan antibiotik yang meliputi jenis antibiotik, dosis dan lama pemakaian pada pasien anak demam tifoid di instalasi rawat inap RSU Pandan Arang Kabupaten Boyolali sudah sesuai dengan standar rumah sahit yang ada. Penelitian ini dilakukan secara non eksperimental dengan menggunakan rancangan penelitian secara deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan catatan rekam medik di RSU Pandan Arang Kabupaten Boyolali. Analisis data berdasarkan parameter pemilihan jenis antibiotik, takaran dosis dan lama pemakaian yang kemudian dicocokkan dengan Standar Terapi Rumah Sakit Umum Kabupaten Boyolali tahun 2005. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jumlah penderita, demam tifoid anak pada periode Januari - November tahun 2005 sebanyak 60 pasien. Berdasarkan parameter jenis antibiotik dan takaran dosis, masing-masing sebanyak 31 pasien (51,66%) yang sesuai dengan standar terapi dan 26 pasien (43,33%) yang tidak sesuai dengan standar terapi, untuk parameter lama pemakaian terdapat 19 pasien (31,66%) yang sesuai dengan standar terapi dan 12 pasien (20%) yang tidak sesuai dengan standar terapi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Demam tifoid anak, Antibiotik, Standar Terapi RSU Pandan Arang Kabupaten Boyolali
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 15 Feb 2012 04:41
Last Modified: 15 Feb 2012 09:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16835

Actions (login required)

View Item View Item