HARTOWATI, FITRI (2008) EVALUASI KINERJA ANGKUTAN PERDESAAN (Studi Kasus PO. Pramudiyah Jurusan Sragen-Gondang). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF
D100020076.pdf Restricted to Repository staff only Download (672kB) |
Abstract
Sarana angkutan umum sangat penting dan vital bagi pertumbuhan perekonomian masyarakat, terutama daerah yang dilewati angkutan tersebut. Untuk itu diperlukan sarana transportasi diantaranya angkutan umum perdesaan khususnya jurusan Sragen – Gondang apabila ditinjau dari tingkat pelayanan dan aspek ekonomis. Manfaat yang dapat diambil dari penelitian ini, sebagai bahan pertimbangan dalam memperbaiki dan meningkatkan kinerja angkutan umum perdesaan jurusan Sragen – Gondang serta menganalisa pemberlakuan tarif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei secara langsung dilapangan, yaitu survei jumlah penumpang naik/turun di setiap ruas jalan sepanjang rute angkutan jurusan Sragen – gondang dan waktu berhenti setiap ruas jalan. Data primer yang diperoleh dari hasil survei dianalisis, kemudian ditampilkan dalam bentuk tabel. Data lain sebagai pertimbangan pernyusun diperoleh dari instansi-instansi terkait seperti : Dinas Lalu Lintas Angkutan Jalan Raya dan Perusahaan Otobus. Hasil analisis data survei menunjukkan bahwa kinerja angkutan umum jurusan Sragen – Gondang adalah cukup baik bila ditinjau dari tingkat pelayanan, hal ini ditunjukkan dengan memenuhinya beberapa nilai parameter dengan standar yang telah ditetapkan. Tarif yang sekarang berlaku tidak layak atau sangat mahal bila ditinjau dari pengguna jasa angkutan, namun bagi operator Perusahaan Otobus tarif tersebut sangat layak karena di atas tarif yang dihitung berdasarkan Biaya Operasi Kendaraan. Berdasarkan dari hasil penelitian diperoleh hasil, kecepatan perjalanan untuk bus PO. Pramudiyah 1 sebesar 14,00 km/jam dan PO. Pramudiyah 2.14,09 km/jam. Headway berdasarkan load faktor dinamis diperoleh 7,47 menit, sedangkan berdasarkan load faktor dilapangan didapatkan 7,34 menit. Availability untuk PO. Pramudiyah 1 diperoleh 92 % dan PO. Pramudiyah 2 diperoleh 88 %. Load faktor untuk PO. Pramudiyah 1 sebesar 122 % dan minibus PO. Pramudiyah 2 di dapatkan nilai sebesar 96%. Biaya Operasi Kendaraan untuk PO. Pramudiyah 1 sebesar Rp. 1.738,31 /km dan untuk PO. Pramudiyah 2 sebesar Rp. 1.704,35 /km. Tarif untuk PO. Pramudiyah 1 sebesar Rp. 89,05 /pnp – km dan untuk PO. Pramudiyah 2 sebesar Rp. 110,96 /pnp – km. Tarif dilapangan sebesar Rp 3.000,-/pnp, sedangkan tarif perda sebesar Rp 1.900,-/pnp.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kinerja, Angkutan Perdesaan, Tingkat Pelayanan, Aspek Ekonomis. |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Maria Husnun Nisa |
Date Deposited: | 27 May 2009 07:41 |
Last Modified: | 17 Nov 2010 04:32 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1682 |
Actions (login required)
View Item |