Hubungan Pengetahuan, Sikap Dengan Praktek Keluarga Dalam Mendukung Kesembuhan Tuberkulosis Paru Pada Anggota Keluarga Di BBKPM Surakarta

M U S T A’ I N, M U S T A’ I N (2007) Hubungan Pengetahuan, Sikap Dengan Praktek Keluarga Dalam Mendukung Kesembuhan Tuberkulosis Paru Pada Anggota Keluarga Di BBKPM Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
halaman_depan.pdf

Download (80kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf

Download (34kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)

Abstract

Latar belakang: Tuberculosis merupakan masalah kesehatan masyarakat terutama di negara-negara berkembang termasuk Indonesia. Penyembuhan penyakit TBC paru memerlukan waktu yang cukup lama (6-12 bulan), untuk itu perhatian dan dukungan dari keluarga sangat membantu dalam proses penyembuhan. Adanya pengetahuan keluarga tentang perawatan diharapkan akan mempengaruhi sikap dan praktek anggota keluarga dalam mendukung kesembuhan. Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan, sikap dengan praktek keluarga dalam mendukung kesembuhan tuberculosis paru pada anggota keluarga. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode survey dengan rancangan cross Sectional. Untuk pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner yang berisi pertanyaan tentang pengetahuan, sikap dan prilaku/praktek. Proses pengumpulan data berlangsung dari bulan Desember 2006 - Februari 2007. Sampel diambil menggunakan tehnik sampling aksidental sebanyak 53 responden. Analisis data yang digunakan adalah distribusi frekuensi dan analisis korelasi dengan uji Chi- Square. Kesimpulan: Secara statistic pada penelitian hubungan pengetahuan dengan praktek menunjukkan nilai r hitung sebesar 12.148, pada r tabel sebesar 9.488, dengan nilai p sebesar 0.031, sedangkan pada hubungan sikap dengan praktek menunjukkan nilai r hitung sebesar 2.664, pada r tabel sebesar 9.488, dengan nilai p sebesar 0.616. Hasil penelitian ini secara statistik menunjukkan ada hubungan yang signifikan (bermakna) antara pengetahuan dengan praktek anggota keluarga. Sedangkan pada hubungan antara sikap dengan praktek tidak ada hubungan yang bermakna. Saran bagi BBKPM Surakarta perlu adanya penambahan informasi tentang pengetahuan dan bahaya tuberkulosis bagi keluarga penderita, baik melalui brosur, pamlet, poster maupun penyuluhan bagi keluarga penderita tuberkulosis pada waktu kunjungan. Kata kunci: Tuberkulosis paru, pengetahuan, sikap, dan praktek.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tuberkulosis paru, pengetahuan, sikap, dan praktek
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 30 Jan 2012 10:06
Last Modified: 30 Jan 2012 11:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16609

Actions (login required)

View Item View Item