HUBUNGAN TINGKAT PENDAPATAN KELUARGA DENGAN JENIS DAN MUTU GARAM YANG DIKONSUMSI DI TINGKAT RUMAH TANGGA DI KELURAHAN BANARAN KECAMATAN BOYOLALI

Wijayanti, Mukti (2007) HUBUNGAN TINGKAT PENDAPATAN KELUARGA DENGAN JENIS DAN MUTU GARAM YANG DIKONSUMSI DI TINGKAT RUMAH TANGGA DI KELURAHAN BANARAN KECAMATAN BOYOLALI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (61kB)
[img]
Preview
PDF (Bab1)
BAB_I.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)

Abstract

Dari hasil metaanalisis menunjukkan bahwa kekurangan yodium dapat berdampak pada penurunan IQ sebesar 13,5 point. Diketahui ibu-ibu di Kelurahan Banaran sebanyak 23,88% menggunakan garam krasak yang selama ini diketahui bahwa kandungan yodiumnya masih dibawah standart yang dianjurkan yaitu 30 ppm.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pendapatan keluarga dengan jenis dan mutu garam yang dikonsumsi di tingkat rumah tangga di Kelurahan Banaran Kecamatan Boyolali. Hipotesis yang dipakai adalah ada hubungan tingkat pendapatan keluarga dengan jenis dan mutu garam yang dikonsumsi di tingkat rumah tangga. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian observasional. Jenis data dibagi menjadi dua yaitu data primer dan sekunder, serta dilakukan pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada hubungan antara tingkat pendapatan keluarga dengan jenis maupun mutu garam yang dikonsumsi di tingkat rumah tangga. Tingkat pendapatan bukan satu-satunya faktor yang mempengaruhi mutu garam yang dikonsumsi di tingkat rumah tangga, tetapi terdapat faktor lain. Dari hasil penelitian ini diharapkan masyarakat dapat memilih garam yang bermutu baik dan ditindaklanjuti kembali oleh Dinas Kesehatan tentang garam yang beredar di pasaran yang kandungan yodiumnya kurang.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mutu garam yang dikonsumsi
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi D3
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 20 Jan 2012 11:15
Last Modified: 20 Jan 2012 11:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16575

Actions (login required)

View Item View Item