WAHYUNINGSIH, TRI (2011) Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Dasar Studi Situs SD Negeri Sragen 4 dan SD Birrul Walidain. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (191kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB__I.pdf Download (40kB) |
|
Microsoft Word (Bab II)
BAB_II.doc Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (41kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB__IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (63kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR__PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_ALUR_PEMINJAMAN_BUKU_DI_PERPUSTAKAAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan : (1) mendeskripsikan karakteristik pelayanan perpustakaan di SD Negeri Sragen 4 dan SD Birrul Walidain, (2) mendeskripsikan karakteristik pengadaan koleksi bahan pustaka di SD Negeri Sragen 4 dan SD Birrul Walidain, (3) mengetahui karakteristik peran perpustakaan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SD Negeri Sragen 4 dan SD Birrul Walidain. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi (studi etnografi). Landasan teori yang dipergunakan adalah teori-teori yang berkenaan dengan perpustakaan. Metode pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah observasi berperan serta, baik pasif maupun aktif, wawancara secara mendalam, dan dokumentasi. Sedangkan analisis dat menggunakan teknik model Miles dan Huberman yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Karakteristik Pelayanan Perpustakaan baik di SD Negeri Sragen 4 maupun SD Birrul Walidain adalah peminjaman diharuskan menunjukkan kartu anggota dan kartu peminjam, di SD Negeri Sragen 4 masih secara manual dalam pengerjaannya, tetapi kalau di SD Birrul Walidain sudah otomasi, dalam tata tertib peminjaman pustaka sama-sama dengan dibuatkan jadwal pengunjung, penerapan sanksi untuk setiap pelanggaran, memiliki prosedur tata cara pelayanan peminjaman dengan sistem terbuka dan tertutup, (2) Karakteristik Pengadaan Koleksi Bahan Pustaka SD Negeri Sragen 4 dan SD Birrul Walidain adalah mendapatkan bantuan dari pemerintah serta memberikan tugas pada siswa membuat kliping untuk menambah koleksi di perpustakaan, selain itu SD Negeri Sragen 4 mengharapkan kenang-kenangan buku dari kelas 6 yang sudah lulus dan SD Birrul Walidain dengan pembelian, (3) Karakteristik Peran Perpustakaan dalam meningkatkan motivasi melajar miswa SD Negeri Sragen 4 maupun SD Birrul Walidain adalah petugas dan pustakawan berusaha menjadi fasilitator dan motivator menuju ke arah keberhasilan belajar siswa. Perpustakaan menyediakan VCD pembelajaran, komputer, kaset-kaset pelajaran, televisi dan media pembelajaran lainnya yang bisa digunakan untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa, baik dari dalam diri sendiri (intrinksik), serta dari luar (ekstrinsik). Semakin tinggi prioritas Kepala Sekolah dalam memberikan kebijakan pengembangan perpustakaan akan menjadikan perpustakaan SD Negeri Sragen 4 maupun SD Birul Walidain lebih mampu memberikan layanan dengan berbagai inovasinya yang berbasis IT. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa semakin jelas visi dan misi perpustakaan maka semakin tinggi kualitas pelayanan pengelolaannya. Keikutsertaan stakeholder termasuk guru akan menjadikan siswa yang menyenangi budaya baca akan lebih aktif dan kreatif dalam belajar, sehingga mampu menghasilkan prestasi yang memuaskan baik di bidang akademik maupun non akademik.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Additional Information: | RAK Q100/2011 - 30 |
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan, Perpustakaan, Motivasi, Belajar |
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 18 Jan 2012 06:40 |
Last Modified: | 18 Jan 2012 07:14 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16527 |
Actions (login required)
View Item |