Pengelolaan Pembelajaran Multimedia Mata Pelajaran IPA di SMA Negeri 1 Semarang

Sarwono, Sudarsono Agus (2011) Pengelolaan Pembelajaran Multimedia Mata Pelajaran IPA di SMA Negeri 1 Semarang. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
atribut_Sudarsono_Agus.pdf

Download (186kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (33kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi_Sudarsono_agus.pdf

Download (265kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) penggunaan multimedia oleh guru IPA yunior dan Senior di SMA Negeri 1 Semarang. (2) perencanaan pembelajaran IPA dengan menggunakan multimedia di SMA Negeri 1 Semarang.(3) pelaksanaan pembelajaran IPA dengan menggunakan multimedia di SMA Negeri 1 Semarang. (4) evaluasi pembelajaran IPA dengan menggunakan multimedia di SMA Negeri 1 Semarang. Jenis Penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Semarang. Subjek utama penelitian adalah Kepala Sekolah, siswa dan guru. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisa data menggunakan model analisis interaktif. Uji keabsahan data menggunakan kredibilitas, tranferabilitas, konfirmabilitas dan dependabilitas. Hasil Penelitian ini adalah (1) Penggunaan multimedia oleh guru IPA yunior dan senior di SMA Negeri 1 Semarang mempunyai karakteristik yang berbeda, guru senior lebih cenderung kurang tertarik dengan penggunaan multimedia, bagi guru senior multimedia dianggapnya hal baru yang sebelumnya belum pernah dipelajari. Bagi guru yunior multimedia merupakan media pembelajaran sangat membantu, sehingga guru yunior lebih menyukai multimedia untuk pembelajaran IPA. (2) Perencanaan pembelajaran IPA dengan media pembelajaran multimedia di SMA Negeri 1 Semarang, guru melakukan dua perencanaan yaitu perencanaan pembelajaran, dan perencanaan sarana dan prasarana. (3) Pelaksanakan pembelajaran IPA dengan media pembelajaran multimedia di SMA Negeri 1 Semarang yang dilakukan oleh guru yunior maupun guru senior dilakukan dalam tiga tahap kegiatan yaitu kegiatan awal pembelajaran, kegiatan inti, dan kegiatan akhir dengan memperhatikan berbagai aspek. Pembelajaran IPA dengan media pembelajaran multimedia yang dilakukan di SMA Negeri 1 Semarang dilakukan dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan penugasan. Pada tahap awal pembelajaran guru guru menjelaskan rencana pembelajaran, mengaitkan dengan materi sebelumnya. Kegiatan inti guru menyampaikan materimateri dalam pembelajaran dan pada kegiatan akhir, guru melakukan kegiatan evaluasi. Namun dalam pelaksanaan pembelajaran IPA dengan multimedia guru kurang mampu menggunakan multimedia dan juga jumlah fasilitas yang tidak sesuai dengan jumlah kelas. (4) Evaluasi yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran IPA dengan media pembelajaran multimedia di SMA Negeri 1 Semarang meliputi 2 tahap yaitu pre test dan post test. Bentuk soal untuk ulangan harian, mid semester atau ulangan blok adalah berbentuk essei, sedangkan ulangan umum semester berbentuk pilihan ganda dan uraian. Hasil nilai ulangan siswa di akhir semester diinformasikan kepada orang tua siswa dalam bentuk raport.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Additional Information: RAK Q100/2011 - 26
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, multimedia, ilmu pengetahuan alam
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Jan 2012 05:26
Last Modified: 18 Jan 2012 07:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16525

Actions (login required)

View Item View Item