Parman, Parman (2011) Pengelolaan Pembelajaran Biologi Berbasis Mutu di SMP Negeri 1 Ngrampal Sragen. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Hal_Judul.pdf Download (283kB) |
|
|
PDF (Bab I)
bab_1.pdf Download (72kB) |
|
PDF (Bab II)
bab_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (103kB) |
||
PDF (Bab III)
bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
||
PDF (Bab IV)
bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) |
||
PDF (Bab V)
bab_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) |
||
PDF (Bab VI)
bab_6.pdf Restricted to Repository staff only Download (64kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf Download (78kB) |
|
|
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf Download (123kB) |
Abstract
Tujuan umum penelitian ini adalah mendeskripsikan karakteristik pengelolaan pembelajaran Biologi berbasis Mutu di SMP Negeri 1 Ngrampal Sragen Tahun Pelajaran 2010/2011. Tujuan khusus adalah (1) mendeskripsikan karakteristik perencanaan pembelajaran biologi berbasis mutu di SMP Negeri 1 Ngrampal Sragen tahun pelajaran 2010/2011; (2) mendeskripsikan karakteristik pelaksanaan pembelajaran biologi berbasis mutu di SMP Negeri 1 Ngrampal Sragen tahun pelajaran 2010/2011; (3) mendeskripsikan karakteristik evaluasi dan tindak lanjut pembelajaran biologi berbasis mutu di SMP Negeri 1 Ngrampal Sragen tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Negeri 1 Ngrampal Sragen. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, metode pengamatan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahapan, meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Perencanaan pembelajaran biologi berbasis mutu dibuat oleh guru dalam bentuk RPP yang pembuatannya diawasi oleh kepala sekolah. RPP memuat langkah-langkah yang akan dilakukan oleh guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. RPP biologi berbasis mutu ditandai dengan perencanaan guru dalam menggunakan media pembelajaran multimedia dan metode pembelajaran berbasis PAIKEM. (2) Pelaksanan pembelajaran biologi berbasis mutu, diawali dengan kegaitan guru memberikan motivasi dan apersepsi. Proses pembelajaran dilakukan oleh guru dengan melalui tiga fase, yaitu fase eksplorasi, fase elaborasi, dan fase konfirmasi. Eksplorasi adalah upaya awal membangun pengetahuan melalui peningkatan pemahaman, elaborasi dilakukan oleh guru dengan mengorganisis materi pembelajaran, dan fase konfirmasi dilakukan oleh guru dengan mengembangkan kemampuan yang telah dimiliki siswa melalui berbagai penugasan. (3) Evaluasi dan tindak lanjut pembelajaran biologi berbasis mutu, dilakukan oleh guru dengan memberikan evaluasi prasyarat untuk mengetahui kemampuan afektif siswa, sedangkan untuk mengetahui kemampuan kognitif siswa guru melakukan evaluasi akhir dalam bentuk ulangan.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Additional Information: | RAK Q100/2011 - 32 |
Uncontrolled Keywords: | perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 18 Jan 2012 04:38 |
Last Modified: | 18 Jan 2012 07:13 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16522 |
Actions (login required)
View Item |