Burjan, Burjan (2006) HAMBATAN PROSES PEMBELAJARAN DAN USAHA MENGATASINYA: STUDI TENTANG TAHFIZH AL-QUR'AN KELAS III MUTAWASSITHOH DI PONDOK PESANTREN IMAM BUKHORI NGANGKRUK SOLO TAHUN PELAJARAN 2006 / 2007. Skripsi thesis, UMS.
|
PDF
halaman_depan.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF
Bab_1.pdf Download (108kB) |
|
PDF
Bab_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (272kB) |
||
PDF
Bab_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
||
PDF
Bab_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (43kB) |
||
PDF
Bab_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) |
Abstract
Menghafal Al-Qur'an adalah salah satu cara untuk menjaga kemurnian Al- Qur'an dengan mengetahui isi dan kandungan ayat demi ayat diharapkan santri/siswa akan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Ini semakin penting di masa sekarang di mana masyarakat semakin jarang mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur'an. Anggapan sebagian masyarakat bahwa menghafal Al-Qur'an adalah sesuatu yang sulit/melelahkan (tidak banyak mendatangkan materi), tidaklah menyurutkan tekad pesantren dan santri yang punya perhatian besar dalam bidang ini, terbukti dengan keberhasilan mencetak generasi muda Islam yang Qur'ani, yaitu generasi muda Islam yang mengamalkan nilai-nilai ajaran agama Islam dalam kehidupan sehari-hari. Pondok Pesantren Imam Bukhori Solo adalah salah satu pesantren yang menjadikan tahfizh Al-Qur'an sebagai program unggulan guna mencetak huffad Al-Qur'an yang berjiwa Qur'ani. Untuk mencapai tujuan tersebut Pondok Pesantren Imam Bukhori menggunakan metode-metode yang dapat menunjang keberhasilan santri dalam menghafal Al-Qur'an, diantaranya metode talaqi, metode ini dipandang praktis dan komunikatif karena santri dan kiai/ustadz berhadapan langsung. Selain itu pesantren juga menerapkan metode Mujahadah sebagai bekal bagi para santri agar di manapun berada senantiasa bersungguh- sungguh dalam menerapkan nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur'an. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui pelaksanaan dan penerapan metode menghafal Al-qur'an dan untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan menghafal Al-Qur'an di Pondok Pesantren Imam Bukhori Solo. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif analisis dengan pendekatan fenomenologi, dengan pengambilan data melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Dari hasil penelitian dan analisis maka dapat disimpulkan bahwa materi yang diberikan kepada santri sudah sesuai dengan sistem yang diajarkan di pondok-pondok yang lain yang mengkhususkan pada pendidikan menghafal Al- Qur’an ditambah lagi dengan ilmu pendukung seperti tajwid, tahsin, dan lain-lain. Sedangkan metode yang digunakan adalah metode talaqi, dimana santri dalam jangka waktu tertentu menghadap kiai/ustadz untuk mendemonstrasikan hafalannya. Agar tujuan yang telah dicanangkan dapat tercapai dengan baik, maka Pondok Pesantren Imam Bukhori perlu meningkatkan dan melengkapi sarana dan prasarana serta meningkatkan kualitas kiai/ustadz dalam menggunakan metode yang telah ada maupun mencoba kemungkinan penerapan metode baru yang bisa menunjang keberhasilan santri di kemudian hari dalam menghafal Al-Qur'an.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Alquran, menghafal |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Users 12 not found. |
Date Deposited: | 09 Jan 2012 10:59 |
Last Modified: | 20 Nov 2019 03:38 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16489 |
Actions (login required)
View Item |