WULANSARI , EKA TRI (2011) Pengelolaan Pembelajaran Matematika Dengan Metode PAIKEM Di SD Negeri Gentan 1 Baki Sukoharjo. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
02._halaman_awal.pdf Download (199kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (106kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (126kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (168kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (155kB) |
||
PDF (Bab VI)
08._BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (100kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (92kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendiskripsikan dan mengkaji perencanaan pembelajaran Matematika di SDN Gentan 1, Baki, Sukoharjo (2) Mendiskripsikan dan mengkaji pengorganisasian pembelajaran Matematika di SDN Gentan 1, Baki, Sukoharjo (3) Mendiskripsikan dan mengkaji pelaksanaan pembelajaran Matematika di SDN Gentan 1, Baki, Sukoharjo (4) Mendiskripsikan dan mengkaji pengendalian pembelajaran Matematika di SDN Gentan 1, Baki, Sukoharjo. Perencanaan pembelajaran matematika disini menggambarkan persiapan guru dalam mengajar, meliputi penyusunan kurikulum, penetapan KKM, RPP, dll. Pengorganisasian disini meliputi penugasan guru, koordinasi dan pengadaan sarpras yang menunjang KBM. Gambaran pelaksanaan pembelajaran yaitu dengan menggunakan metode PAIKEM, Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan. Pengendalian pembelajaran dilakukan melalui supervisi baik dari internal sekolah maupun eksternal dari pengawas. Penelitian ini dilakukan di SDN Gentan 1, Baki, Sukoharjo Semester genap tahun ajaran 2010/2011. Subyek yang diteliti dan di observasi adalah siswa kelas III SDN Gentan 1, Baki, Sukoharjo sejumlah 42 siswa, guru matematika kelas III SDN Gentan 1, Baki, Sukoharjo berkolaborasi dengan kepala sekolah dan wakil kepala sekolah bagian kurikulum. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan analisis data dengan teknik diskriptif yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pengelolaan pembelajaran matematika dengan bantuan metode PAIKEM menjadikan proses belajar menjadi lebih menyenangkan dan hasil yang diperoleh baik proses maupun produk berada diatas KKM, dan tujuan pembelajaran dapat dicapai tepat waktu.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perencanan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengendalian, pembelajaran, aktif, inovatif, kreatif, efektif, menyenangkan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 05 Jan 2012 10:04 |
Last Modified: | 05 Jan 2012 10:04 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16458 |
Actions (login required)
View Item |