Wibowo, Tri (2011) Inovasi Kepemimpinan Kepala MTsN Karanganyar. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Bagian_Awal.pdf Download (524kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I_Pendahuluan.pdf Download (42kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II_Kajian_Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III_METODE_PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV_PAPARAN_revisi_.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V_PEMBAHASAN_DAN_TEORI_HASIL_PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI_PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (25kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (571kB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan inovasi kepemimpinan Kepala MTs Negeri Karangannyar dalam penyelenggaraan administrasi pendidikan, 2) untuk mendeskripsikan inovasi kepemimpinan Kepala MTs Negeri Karanganyar dalam pembinaan terhadap guru, karyawan dan siswa. Subjek utama kepala madrasah, subyek penunjang yaitu guru, karyawan, penjaga, siswa dan komite di Madrasah Tsanawiyah Negeri Karanganyar. Data dikumpulkan melalui cara: wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan secara diskriptif-evaluatif, dengan terlebih dahulu dilakukan member-check, kemudian diverifikasi kebenarannya melalui trianggulasi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif, dengan menggunakan desain penelitian etnografi,yakni bagaimana menemukan makna yang terkandung lebih dalam pada kebenaran suatu peristiwa dengan tetap mengaitkannya pada konteks yang ada. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan metode wawancara mendalam, dan observasi. Data penelitian ini adalah informasi yang berupa hasil wawancara, dan hasil observasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah perilaku tindakan, dan hasil wawancara. Teknik analisis data mengunakan tehnik deskritif dengan melalui alur reduksi data, penyajian data, dan penarikan hasil kesimpulan. Teknik keabsahan data dengan mengunakan ketekunan pengamat, konfirmabilitas dan trianggulasi data. Inovasi yang dilakukan oleh kepala madrasah ditandai dengan selalu mengikuti perkembangan dunia pendidikan dan teknologi, kepala madrasah juga selalu mengikuti perkembangan administrasi baik madrasah maupun pendidikan, inovasi administrasi kepala madrasah adalah dengan selalu mengikuti perkembangan kurikulum yang digunakan serta menyusun administrasi kurikulum dan administrasi pengajaran baik yang berupa pengembangan silabus, penyusunan RPP, pembuatan program tahunan, program semester, pengayaan ataupun perbaikan. Kepemimpinaan transformasional dengan mengutamakan pemberian kesempatan dan atau mendorong semua unsur yang ada dalam madrasah untuk bekerja atas dasar sistem nilai yang luhur sehingga semua unsur yang ada di madrasah bersedia, tanpa paksaan, berpartisipasi secara optimal dalam mencapai tujuan ideal madrasah. Inovasi lain yang dilakukan oleh kepala madrasah untuk meningkatkan mutu madrasah antara lain dengan senantiasa melakukan pembinaan secara terus menerus. inovasi lain yang dilakukan oleh kepala madrasah untuk meningkatkan mutu madrasah antara lain dengan melakukan breafing pagi seminggu sekali, diadakan pembinaan Spiritual Building Training dan pemberian reward dan punishment.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | inovasi, kepemimpinan, kepala sekolah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 05 Jan 2012 09:41 |
Last Modified: | 05 Jan 2012 09:41 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16454 |
Actions (login required)
View Item |