Kontribusi Media Pembelajaran, Pendidikan dan Pengalaman Mengajar Terhadap Keterampilan Mengajar Guru SMK Negeri di Kabupaten Pati Tahun 2011

Desy N , Ratna (2011) Kontribusi Media Pembelajaran, Pendidikan dan Pengalaman Mengajar Terhadap Keterampilan Mengajar Guru SMK Negeri di Kabupaten Pati Tahun 2011. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
halaman_depan.pdf

Download (234kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
bab_1_.pdf

Download (184kB)
[img] PDF (Bab II)
bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[img] PDF (Bab III)
bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB)
[img] PDF (Bab IV)
bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[img] PDF (Bab V)
bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
daftar_pustaka.pdf

Download (227kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (908kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis besarnya kontribusi secara bersama-sama penggunaan media pembelajaran, pendidikan dan pengalaman mengajar terhadap keterampilan mengajar, kontribusi penggunaan media pembelajaran terhadap keterampilan mengajar, kontribusi pendidikan terhadap keterampilan mengajar dan kontribusi pengalaman mengajar terhadap keterampilan mengajar guru SMK Negeri di Kabupaten Pati. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuntitatif. Pendekatan tersebut digunakan untuk menganalisis besarnya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMK Negeri di kabupaten Pati tahun 2011. Sampel ditentukan sebanyak 152 orang guru. Pengambilan sampel dengan teknik proporsional random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode SPSS 16. Hasil dari penelitian, pengujian hipotesis secara simultan menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran, pendidikan dan mengalaman mengajar terhadap keterampilan mengajar adalah signifikan (0,000). Perhitungan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,244 atau dengan kata lain variasi variabel dependen (keterampilan mengajar) 22,4% dapat dijelaskan oleh variabel independen ( media pembelajaran, pendidikan dan pengalaman mengajar). Hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran mempunyai pengaruh signifikan positif (0,007) terhadap keterampilan mengajar, pendidikan mempunyai pengaruh signifikan positif (0,018) terhadap keterampilan mengajar dan pengalaman mengajar mempunyai pengaruh yang signifikan positif (0,002) terhadap keterampilan mengajar. Variabel yang paling berpengaruh adalah (1). pengalaman mengajar dengan sumbangan efektif sebesar 9,11%; (2). media pembelajaran dengan sumbangan efektif sebesar 9,10%; (3). pendidikan dengan sumbangan efektif 6,15%. Berdasarkan hasil penelitian di atas berarti hipotesis diterima. Saran yang diusulkan kepada pihak sekolah dan guru adalah (1). sekolah perlu mempertimbangkan guru dengan pengalaman mengajar yang lebih sebagai nara sumber dalam inhouse training, pemberian dukungan untuk pendidikan lanjutan, pelatihan dan pendidikan (diklat) (2). sekolah juga harus mempertimbangkan pengadaan media pembelajaran, dan memberikan dukungan kepada guru dalam peningkatan pendidikannya. (3). bagi guru harus berusaha atau lebih dalam melaksanakan pengembangan dirinya sendiri, dapat dilakukan lewat lessonstudy, pendidikan dan latihan.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: media, pendidikan, pengalaman, keterampilan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 04 Jan 2012 10:52
Last Modified: 04 Jan 2012 14:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16446

Actions (login required)

View Item View Item