Penerapan Model Pembelajaran Realistik Berbasis Media dan Berkonteks Lokal Sebagai Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD N 01 Jatisuko Kecamatan Jatipuro Tahun Ajaran 2010/2011

Yuni, Yuni (2011) Penerapan Model Pembelajaran Realistik Berbasis Media dan Berkonteks Lokal Sebagai Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD N 01 Jatisuko Kecamatan Jatipuro Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (210kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (100kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (83kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (929kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa SD kelas VI selama proses pembelajaran matematika dengan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Berbasis Media dan Berkonteks Lokal. Obyek penelitian adalah Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Berbasis Media dan Berkonteks Lokal. Guru sebagai subyek pelaksana tindakan sedangkan siswa adalah subyek yang dikenai tindakan yang berjumlah 40 siswa. Dalam pengumpulan data peneliti dibantu oleh guru kelas VI dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, catatan lapangan, dokumentasi dan metode test. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas, kepala sekolah. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Data hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan keaktifan siswa, meliputi keaktifan dalam mengemukakan ide/gagasan di kelas VI dari 26,667% sebelum tindakan meningkat menjadi 31,034% (siklus I ), 36,667% (siklus II), 64,286% (siklus III). Keaktifan dalam menjawab pertanyaan dari guru 10% sebelum tindakan menjadi 24,138% (siklus I), 43,333% (siklus ), 71,428% (siklus III). Keaktifan mengerjakan soal kedepan kelas dari 16,667% sebelum tindakan menjadi 34,483% (siklus I), 43,333% (siklus II), 75% (siklus III). Keaktifan dalam bertanya dari 6,667 sebelum tindakan menjadi 20,689% (siklus I), 26,667% (siklus II), 53,571% (siklus III). Keaktifan dalam menarik kesimpulan baik secara individu maupun kelompok dari 33,333% sebelum tindakan menjadi 44,828% (siklus I), 56,667% (siklus II), 78,571% (siklus III). Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan PMR Berbasis Media dan Berkonteks Lokal dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar matematika sehingga hasil belajar matematika meningkat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan,Keaktifan, Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Berbasis Media dan Berkonteks Lokal.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 Jan 2012 06:17
Last Modified: 04 Jan 2012 06:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16419

Actions (login required)

View Item View Item