PRABOWO, SINGGIH (2011) Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Melalui Metode Resitasi dengan Pemberian Tugas Terstruktur pada Pokok Bahasan Bilangan Bulat dan Pecahan(PTK Pada Siswa Kelas VIIA Semester Gasal SMP Negeri 1 Simo Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (HALAMAN DEPAN )
2.HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (BAB I)
3.BAB_I.pdf Download (26kB) |
|
PDF (BAB II)
4.BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) |
||
PDF (BAB III)
5.BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (59kB) |
||
PDF (BAB IV)
6.BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
PDF (BAB V)
7.BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
||
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
8.DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (13kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
9.LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (18MB) |
Abstract
matematika siswa pada pokok bahasan bilangan bulat dan pecahan setelah dilakukan pembelajaran melalui metode resitasi dengan pemberian tugas terstruktur. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Simo, Boyolali yang berjumlah 36 siswa dan subjek pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VIIA. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan metode alur yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan bilangan bulat dan pecahan. Hal ini dapat dilihat dari 1) kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan guru dan mengerjakan soal secara tepat sebelum tindakan 13,9% dan setelah tindakan 52,8%, 2) kemampuan siswa dalam menerapkan konsep secara tepat sebelum tindakan 33,3% dan setelah tindakan 83,3%, 3) kemampuan siswa memberi tanggapan tentang jawaban siswa lain sebelum tindakan 19,4% dan setelah tindakan 47,2%, serta 4) kemampuan siswa dalam membuat kesimpulan materi sebelum tindakan 0% dan setelah tindakan 30,6%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode resitasi dengan pemberian tugas terstruktur dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan bilangan bulat dan pecahan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK A410/2011-055 |
Uncontrolled Keywords: | pemahaman konsep, resitasi, tugas terstruktur |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 5 not found. |
Date Deposited: | 03 Jan 2012 08:00 |
Last Modified: | 11 Jan 2012 05:18 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16406 |
Actions (login required)
View Item |